Permainan Rujak-Rujak Sebagai Media Pembelajaran Konsep Perkalian Bilangan Bulat

  • Meishinta Meishinta Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Siti Farisma Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Firzandi Putra Perdana Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Muhammad Zakky Munawwar Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Fitri Apriani Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
Keywords: Belajar dari rumah (BDR), pembelajaran matematika, permainan rujak-rujak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan rujak-rujak dalam konsep perkalian bilangan bulat. Pengembangan permainan disajikan dalam LKPD dan di analisis kelayakannya serta kemenarikannya. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri 8 Puding Besar dengan 6 siswa kelas VI sebagai sampel penelitian yang dipilih dengan metode random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan pengisian angket kelayakan media dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media diperoleh presentase kelayakan sebesar 79,33% dengan kategori layak digunakan dan berdasarkan hasil pengisian angket respon siswa diperoleh presentase kemenarikan sebesar 75% denngan kategori menarik. Kesimpulannya permainan rujak-rujak sebagai media pembelajaran matematika pada materi operasi perkalian bilangan bulat sudah valid dan layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armianti, A., Yani, I., Widuri, K., & Sulistiawati, S. (2016). Pengaruh Matematika GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan) pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Peserta Matrikulasi STKIP Surya. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 74–81.

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 11–22.

Edo, S. I., & Samo, D. D. (2017). Lintasan Pembelajaran Pecahan Menggunakan Matematika Realistik Konteks Permainan Tradisional Siki Doka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 311–322.

Fatimah, D. (2020). Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 526–532.

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1–6.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Hariastuti, R. M. (2017). Permainan Tebak-Tebak Buah Manggis: Sebuah Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 25–35.

Kodri, M., Pratama, Y., & Fuadi, M. (2020). Upaya Guru TTQ (Tilawah Tahfidz Qur’an) di Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Ilmi Palembang. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 58–63.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253.

Muzdalipah, I., & Yulianto, E. (2015). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika untuk Siswa SD Berbasis Aktivitas Budaya dan Permainan Tradisional Masyarakat Kampung Naga. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan, 1(1), 63–74.

Nanang, N., & Sukandar, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Siswa SDIT Miftahul Ulum Pada Operasi Bilangan Bulat Melalui CAI-Contextual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 71–82.

Nurrahmah, A., & Ningsih, R. (2018). Penerapan Permainan Tradisional Berbasis Matematika. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 43–50.

Nursyahidah, F., & Putri, R. I. I. (2013). Supporting First Grade Students’ Understanding of Addition up to 20 Using Traditional Game. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 4(2), 212–223.

Prasetyo, E., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak terhadap Minat Belajar Matematika (MTK) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 2(1), 111–119.

Purnama, M. D., Irawan, E. B., & Sadijah, C. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan dan Operasinya Bagi Siswa Kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46–51.

Rachmawati, T. K., Suhendar, Y., & Akbar, R. (2018). Penggunaan Kartu Positif Negatif dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Bulat. Al-Khidmat, 1(1), 59–66.

Rohmatin, T. (2020). Etnomatematika Permainan Tradisional Congklak sebagai Teknik Belajar Matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 144–150.

Rusja, J., Rosyid, A., & Umbara, U. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Ethno Mathematics terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(2), 57–62.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.

Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21.

Sholekah, L. M., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164.

Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7.

Tukino, T. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat Menggunakan Pita Bilangan. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 43–49.

Ulya, H. (2017). Permainan Tradisional sebagai Media dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 6(11), 371–376. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro.

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Treffinger Berbantuan Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 48–55.

Wahyuni, H. I., & Puspari, D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Mengemukakan Daftar Urut Kepangkatan dan Mengemukakan Peraturan Cuti. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 54–68.
Published
2023-03-12
How to Cite
Meishinta, M., Farisma, S., Perdana, F., Munawwar, M., & Apriani, F. (2023). Permainan Rujak-Rujak Sebagai Media Pembelajaran Konsep Perkalian Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 658-667. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1028
Share |