Pengembangan RPP dan LKPD Berbasis TPACK Pada Materi Garis dan Sudut untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

  • Nurjanah Nurjanah Universitas Jambi
  • Sutrisno Sutrisno
  • Jefri Marzal
Keywords: TPACK, Garis dan Sudut, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian pengembangan perangkat berbasis Technology Pedagogy and Content Knowledge (TPACK) pada materi garis dan sudut ini bertujuan Mengembangkan RPP dan LKPD berbasis TPACK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi garis dan sudut. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain pengembangan model 4D dansubjek penelitian adalah kelas VII D MTs Negeri 5 Kota Jambi. Adapun instrumen yang digunakan adalah angket tanggapan peserta didik dan guru, lembar observasi, instrumen penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik serta instrumen integrasi TPACK untuk guru dan lembar validasi ahli. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pertemuan I sampai pertemuan VI termasuk pada kategori “baik”. Hasil evaluasi belajar peserta didik rata-rata 67 yang dikategorikan “baik”.Sehingga, dapat disimpulkan bahwa RPP dan LKPD berbasis TPACK  yang dikembangkan telah meningkatkan aktivitas pembelajaran peserta didik pada materi garis dan sudut, serta mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argaswari, D. P., & Usodo, B. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Geometri Kelas VII SMP. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: UNY.

Damayanti, S. Q., Mahardika, I. K., & Indrawati, I. (2016). Penerapan Model
Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Macromedia Flash disertai LKS yang Terintegrasi dengan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 357–364.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Jarwan, J. (2018). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komonikasi Matematis Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2).

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2008). Introducing technological pedagogical content knowledge. Annual Meeting of the American Educational Research Association, 1–16.

Najah, C. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Mengoptimalkan Kemampuan Komunikasi Tertulis Matematis Siswa SMP. Thesis, Universitas Jambi.

Noviafitri, S., Somakim, S., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Discovery Learning pada Pokok Bahasan Sudut Kelas VII [PhD Thesis]. Sriwijaya University.

Nurhasanah, D. E., Kania, N., & Sunendar, A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics, 1(1), 301045.

Nurjanah, N., Sutrisno, S., & Marzal, J. (2021). Pengembangan Perangkat Berbasis TPACK pada Materi Garis dan Sudut untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 180–189.

Perawansa, F. I., & Surya, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Garis Dan Sudut.

Permendikbud. (2016). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22, Tahun 2016, Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendikbud.

Polya, G. (1973). How to solve it second edition. Princeton University Press New Jersey.

Rahmini. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika
Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Thesis, Universitas Jambi.

Susilowati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid 19 Melalui Grup WhatsApp? Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3), 1–25.

Sutrisno, S. (2012). Kreatif Mengembangkan Aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Referensi.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.
Published
2022-01-06
How to Cite
Nurjanah, N., Sutrisno, S., & Marzal, J. (2022). Pengembangan RPP dan LKPD Berbasis TPACK Pada Materi Garis dan Sudut untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 259-269. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1040
Share |