Pengembangan E-Modul Trigonometri (EMOTIGON) Berbasis Android untuk Siswa SMA Kelas X

  • Avhiyana Ariestazya Sari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Novisita Ratu Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Keywords: Development, E-Module, Trigonometry, Android, Senior High School, Pengembangan, E-Modul, Trigonometri, Android, SMA

Abstract

Sebagian besar siswa terbiasa dengan menghafalkan rumus trigonometri, sehingga siswa kesulitan jika memahami materi trigonometri. Penelitian E-Modul trigonometri (EMOTIGON) memiliki tujuan untuk membuat media berbasis Android yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan siswa Sekolah Menengah Atas untuk memahami trigonometri. Media yang dihasilkan berupa aplikasi yang dapat diakses secara offline. Jenis penelitian yang digunakan yakni Research and Dvelopment (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu analyze, design, develop, implement dan evaluate. Media pembelajaran E-Modul trigonometri telah melalui serangkaian pengujian, yaitu: (1) uji validasi dari aspek materi diperoleh rata-rata 4,2 masuk kategori valid, (2) uji validasi aspek tampilan sebesar 4,4, pada kategori valid dan (3) uji kepraktisan diperoleh nilai rata-rata 4,5, kategori praktis. EMOTIGON diujicobakan secara terbatas sebanyak 15 siswa dengan rata-rata pretest 34,67 dan posttest rata-ratanya 66, menandakan adanya pengaruh penggunaan EMOTIGON dengan meningkatnya rata-rata tes pada siswa. Diperoleh juga respon yang positif dari siswa terhadap penggunaan media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586

Arisudawan, K., Santyadiputra, G. S., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan Berbasis Project Based Learning Kelas Xi Di Smk Negeri 3 Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(3), 374. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i3.12074
Branch, Robert. (2009). Instructional design the ADDIE approach.USA: Springer

Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra Dan Microsoft Mathematic Dalam Pembelaran Matematika. Math Didactic, 2(3), 148–153. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.43

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Majid, E. (2020). Pengembangan e-modul android berbasis metakognisi sebagai media pembelajaran biologi peserta didik kelas xii di tingkat sma/ma. Jurnal Pendidikan Sains, 1(8), 2. http://repository.radenintan.ac.id/11216/1/.pdf

Permatasari, E. A., Mudakir, I., & Fikri, K. (2017). Pengembangan E-modul Berbasis Adobe Flash Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Untuk Kelas IX MIPA SMA. Saintifika, 19(1), 57–65.


Putri, A. S. (2019). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Penyelesaian Tepi Pakaian Pada Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit. Eprints@UNY, 1–160. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65825

Putu, N., Widiantari, E., & Ariyani, A. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Trigonometri Siswa Kelas XI MIPA 4 SMAN 11 Semarang Melalui Strategi PQ4R Berbantu Kartu Soal. 2, 72–78.

Rachmayani, D. W. I. (2014). PENERAPAN PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(November), 13–23.

Rifa’i, M., & Nisa, R. (2019). PENGEMBANGAN E-MODUL KALKULUS BERBASIS GEOGEBRA DENGAN DUKUNGAN WEBSITE MOODLE. Math Didactic, 5(3), 259–268.

Riyana, C. (2007). Implementasi Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sekolah. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 3(2).

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Interactive Media Development of E-Learning in
Welcoming 4 . 0 Industrial Revolution On Ecosystem Material for High School Students Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4 . Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 131–138.

Sarwiko, D. (2012). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan macromedia director mx (Studi kasus mata kuliah Pengolahan Citra pada jurusan S1 sistem informasi). Multimedia.

Setyono, T., Eka, L., & Deswita, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian, 2(1), 1–10.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 264–275.

Ula, I. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 201. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2563.
Published
2022-02-02
How to Cite
Sari, A., & Ratu, N. (2022). Pengembangan E-Modul Trigonometri (EMOTIGON) Berbasis Android untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 586-600. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1080
Share |

Most read articles by the same author(s)