Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Relasi dan Fungsi Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Siswa Kelas VIII SMP

  • Anastasia Ndelos Jawa STKIP Citra Bakti
  • Maria Editha Bela STKIP Citra Bakti
  • Wilibaldus Bhoke STKIP Citra Bakti
Keywords: bahan ajar, relasi dan fungsi, pendekatan penemuan terbimbing

Abstract

Penelitian ini ialah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa modul pada materi relasi dan fungsi berbasis pendekatan penemuan terbimbing untuk siswa kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Pengembangan bahan ajar dilakukan berdasarkan tahapan model ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain dokumentasi, telaah dokumen, wawancara dan angket/ instrumen. Instrumen penelitiannya ialah lembar penilaian validator (ahli materi dan ahli desain) untuk mengukur kevalidan bahan ajar, serta angket respon siswa dan guru untuk mengukur kepraktisan bahan ajar. Penelitian dilaksanakan di SMP Citra Bakti. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif berdasarkan saran para ahli, sedangkan data kualitatif dianalisis setelah data terkumpul dengan menghitung rata-rata perorangan serta rata-rata keseluruhan dan selanjutnya mengkonversi rerata berdasarkan skala likert. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh penilaian bahan ajar dari validator berkriteria ‘baik’ dengan skor 4, 16 dan hasil kepraktisan bahan ajar berdasarkan penilaian guru dan siswa mendapat kriteria ‘sangat baik’ dengan skor 4, 68. Oleh karena itu, bahan ajar modul pada materi relasi dan fungsi berbasis pendekatan penemuan terbimbing yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anglada, D. (2007). An introduction to instructional design: utilizing a basic design model.

Bela, M. . (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual untuk materi Sistem Persamaan Linear di kelas X siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 56–75.

Bela, M. ., Wewe, M., & Lengi, S. (2021). Pengembangan Modul Matematika Materi Aritmatika Sosial Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Siswa kelas VII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktifitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179–189.

Bhoke, W. (2020). Teori dan Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Media LKS. Makassar: Yayasan Barcode.

Bhoke, W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra untuk Membelajarkan Materi Trigonometri pada Siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10429–10443.

Hudojo, H. (2001). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Dirjen Dikti.

Mardati, A. (2008). Pendekatan Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan Abad 21. Jurnal Kompetensi Pendidik, 183–192.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of Amerika: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Rawa, N. R., Bela, M. E., & Pegi, M. J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Datar Berbasis Model Learning Cycle 7e untuk Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 25–37.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharti. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Relasi dan Fungsi di kelas X MAN 3 Banda Aceh. Jurnal Serambi PTK, 3(1), 107–112.

Tsauri, M. S. A. (2020). Pengembangan Modul untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Yudha, F. (2019). Peran Pendidikan Matematika dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87–94.
Published
2022-05-04
How to Cite
Jawa, A., Bela, M., & Bhoke, W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Relasi dan Fungsi Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1568-1583. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1084
Share |