Pengembangan Digibook Barisan dan Deret Berbasis Anyflip untuk Mengeksplor Kemampuan Berpikir Komputasional Peserta Didik

  • Fanny Ahmad Fauzi Universitas Siliwangi
  • Nani Ratnaningsih Universitas Siliwangi
  • Puji Lestari Universitas Siliwangi
Keywords: Digibook, Anyflip, Berpikir Komputasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan digibook berbasis   Anyflip pada materi barisan dan deret untuk mengeksplor berpikir komputasional peserta didik dan mengetahui kualitas efektivitas kemampuan berpikir komputasional setelah menggunakan digibook. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang melalui beberapa tahap yaitu Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluation untuk mendapatkan produk yang valid dan dapat digunakan. Subjek pada penelitian ini adalah 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 5 orang peserta didik uji coba perorangan, 3 orang guru uji coba perorangan dan 20 orang peserta didik kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Talaga.  Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar validasi untuk ahli media dan ahli materi, angket respon pengguna untuk uji coba perorangan yang diberikan kepada 5 orang peserta didik kelas XI SMAN 1 Talaga dan 3 orang guru matematika, angket uji coba terbatas yang diberikan kepada peserta didik kelas XI SMAN 1 Talaga, kemudian pretest dan posttest berpikir komputasional. Berdasarkan hasil penelitian, digibook barisan dan deret valid dan dapat digunakan dari ahli media dan ahli materi. Hasil uji coba perorangan dan uji coba terbatas memperoleh kategori “baik”.  Hasil uji effect size (ES) memperoleh nilai 1.03 dengan kategori “strong effect”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa digibook barisan dan deret berbasis anyflip valid dan dapat digunakan oleh peserta didik, dan kualitas efektivitas digibook barisan dan deret berpengaruh kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. 9(2), 13–30.

Asbell-Clarke, J., Rowe, E., Almeda, V., Edwards, T., Bardar, E., Gasca, S., Baker, R. S., & Scruggs, R. (2021). The development of students’ computational thinking practices in elementary- and middle-school classes using the learning game, Zoombinis. Computers in Human Behavior, 115, 106587. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106587

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56

Cohen, J. (1992). Statistical Power Analysis. Current Directions in Psychological Science, 1(3), 98–101.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Experiments, quasi-experiments, single-case research and meta-analysis. In Research Methods in Education. https://doi.org/10.4324/9780203029053-23

Fajri, M., Yurniawati, & Utomo, E. (2019). Computational Thinking , Mathematical Thinking Berorientasi Gaya Kognitif Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Dinamika Matematika Sekolah Dasar 1 (1), 1-18, 1(1), 1–18.

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822

Hasanah, H., Nugraheni, P., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis Kendala Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Geometri. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 16–26. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20663

Lei, H., Chiu, M. M., Li, F., Wang, X., & Geng, Y. jing. (2020). Computational thinking and academic achievement: A meta-analysis among students. Children and Youth Services Review, 118(June), 105439. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105439

Munandar, A., & Rizki, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer Menggunakan Flipbook Maker Disertai Nilai Islam Pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 262–269. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1957

Nopriana, T., Firmasari, S., & Tonah, T. (2016). Desain Bahan Ajar Berbasis Aktivitas Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Barisan Dan Deret. Euclid, 2(2), 251–263. https://doi.org/10.33603/e.v2i2.361

Patmawati, H., Ratnaningsih, N., & Hermanto, R. (2016). Developing Character Based Interactive L Earning Media
To Facilitate Student ’ S Self - Learning of Capita Selecta Mathematics ( a Research on Mathematical Critical and Creative Thinking Skillsof Mathematics Departement Studentof Teacher Trainingand Educa. 1(2008), 523–532.

Pixyoriza, Netriwati, & Sugiharta, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving. 5(1), 31–39.

Ratnaningsih, N. (2016). Development Interactive Learning Media to Excavate Ability Mathematical Creative Thinking Students. Prosiding Seminar Internasional FKIP UNY, May, 16–17.

Ratnaningsih, N., Ni’Mah, K., & Hidayat, E. (2021). Covid-19 the Earliest for Digital Learning in Mathematics: An Overview from Technology Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1819(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1819/1/012027

Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 511–520.

Sari, A. S. (2016). PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL MELALUI APLIKASI SIGIL ( The Development of Digital Book through Sigil Application in Cookies and Candys Lessons ). 1(2), 46–54.

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964

Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMK Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.317

Taber, K. S. (2018). Scaffolding learning: Principles for effective teaching and the design of classroom resources. Effective Teaching and Learning: Perspectives, Strategies and Implementation, March, 1–44.

York, R. O. (2020). Statistics for Human Service Evaluation. Statistics for Human Service Evaluation, 75–96. https://doi.org/10.4135/9781071801024

Zhong, B., Wang, Q., Chen, J., & Li, Y. (2016). An exploration of three-dimensional integrated assessment for computational thinking. Journal of Educational Computing Research, 53(4), 562–590. https://doi.org/10.1177/0735633115608444
Published
2022-01-03
How to Cite
Fauzi, F., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2022). Pengembangan Digibook Barisan dan Deret Berbasis Anyflip untuk Mengeksplor Kemampuan Berpikir Komputasional Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 191-203. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1089
Share |