Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kartu Arisan Dalam Pembelajaran Matematika Siswa

  • Mesi Oktafia Institut Agama Islam Negeri Kerinci
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Teknik Kartu Arisan, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Kartu Arisan. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui  rata-rata hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Kartu Arisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan model rancangan randomized control group only design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik kartu arisan lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa. Hasil analisis observasi menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik kartu arisan lebih baik dari pada persentase aktivitas siswa siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI SMAN 1 Seulimeum. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah, 2(2).

Almash, L. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kartu Arisan dalam Pembelajaran Matematika di kelas VIII SMP N 2 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi, tidak dipublikasikan. Padang: Universitas Bung Hatta.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Ernayetti, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kartu Arisan dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Program Linier di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Pekanbaru. PEKA, 6(1), 58-64.

Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Press.

Malalina, M. (2018, February). Model Kooperatif Tipe Kartu Arisan dalam Materi Belah Ketupat dan Layang-Layang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Megantorowati, P. T. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kartu Arisan dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. MATHEdunesa, 1(1).

Muliyardi. (2003). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Padang: FMIPA UNP.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Suryabrata, S. (2008). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Published
2019-09-24