Pengembangan Pembelajaran Bermedia Powtoon untuk Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

  • Trias Fitrianto Nugroho Saputra Universitas kristen satya wacana
  • Helti Lygia Mampouw Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Keywords: Powtoon, SPLDV, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran matematika untuk materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) SMP Kelas VIII menggunakan animasi Powtoon. Penelitian pengembangan ini menrapkan model analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi untuk menciptakan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Pembelajaran bermedia Powtoon dikemas dalam bentuk video animasi iteraktif berbasis multimedia (teknologi yang melibatkan suara, gambar, dan video) untuk materi SPLDV. Pembelajaran bermedia Powtoon dikembangkan berdasarkan analisis prestasi siswa dan analisis kondisi siswa. Pembelajaran bermedia Powtoon diujicobakan pada SMP kelas VIII. Hasil uji coba menunjukan bahwa pembelajaran bermedia Powtoon untuk materi SPLDV memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil dari lembar kerja siswa menunjukan 75% siswa yang menjawab dengan nilai sempurna (100). Siswa yang menjawab hampir mencapai nilai sempurna (85) memiliki presesntase 25%. Sehingga pembelajaran bermedia Powtoon menjadi media efektif yang dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar serta memotivasi siswa dalam pembelajaran pada materi SPLDV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik (Rev.2010 ,). Rineka Cipta.

Atmaka, D. (2004). Tips Menjadi Guru Kreatif. Yrama Widya.

Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist.

J, E. W., & Haryati, S. (2016). The Development of Learning Media Based Powtoon on the Subject of Colloid At Sma / Ma. 1–10.

Jihad, A. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. Multi Presindo.

Julianingrum, I. R., Muchsini, B., & Adi, W. (2015). Model Pembelajaran Artikulasi dengan Media Animasi Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan. 494–504.

Kadir, S., Astaman, & Masdul, M. R. (2018). Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar (Tinjauan Pendidikan Islam Pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). Jurnal Kolaboratif Sains.

Kholilurrohmi, I. (2017). Efektifitas Penerapan Media Pembelajaran Video Powton pada Mata Pelajan Kimia Terhadap Motivasi dan Pestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Semester 1 SMA N 1 Pleret.

Lineaus, J. F., Rizal, M., & Anggraini, A. (2016). Analisis Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas X Sma Negeri 1 Banawa Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3), 1–15.

Mubarok, R., & Fitriani, N. (2020). Analisis pencapaian siswa smp dalam menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel di smpn 1 campaka mulya-cianjur. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3, 507–516.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Permendikbud. (2018). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. JDIH Kemendikbud, 2025, 1–527.

Rohinah, R. (2016). Pengembangan Aplikasi Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Android di Sekolah Menengah Atas. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Alfabeta.

Scheffer, M., & Markus, K. (2016). Penerapan Animasi Powtoon Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPS pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar NEGERI Kragilan 02 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. 3345–3356.

Setyati Puji Wulandari, Imam Sujadi, D. R. A. (2016). Profil Pemecahan Masalah SPLDV dengan Langkah Polya Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Pendidikan Matematika, 726–732. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21778

Sugiono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed.). Remaja Rosadakarya.

Trina, Z., Kamaruddin, T., & Rahmani, D. (2017). Penerapan Media Animasi Audio Visual Menggunakan Software Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SMP Negeri 16 Banda Aceh. 2(2), 156–169.
Published
2022-01-16
How to Cite
Saputra, T., & Mampouw, H. (2022). Pengembangan Pembelajaran Bermedia Powtoon untuk Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 314-328. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1203
Share |

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>