Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Core Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self-Confidence Siswa SMP/MTS

Main Article Content

Desnani Ulfa
Depriwana Rahmi
Rena Revita

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada atau tidak perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran CORE dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) Ada atau tidak interaksi antara model pembelajaran CORE  dan Self-Confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah The Nonequivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Bangkinang Kota tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis pertama adalah uji-t sedangkan untuk hipotesis kedua menggunakan anova dua arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukkan nilai  sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran CORE dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang tidak mengikuti  model pembelajaran CORE. Hasil analisis data dengan menggunakan anova dua arah untuk  menunjukkan interaksi  sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran CORE dan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Eka Lestari, Karunia dan Ridwan Yudhanegara, Mokhammad. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Hadi, Sutarto. (2017). Pendidikan Matematik Realistik: Teori Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Hariyani, Mimi. (2014). Konsep Dasar Matematika. Pekanbaru: Benteng Media.
Hartono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hendriana, Heris, dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Riduwan. (2011). Belajar Mudah Peneltian untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Windari, Fimatesa, dkk. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3. No 2. Padang: UNP.