Desain Buku Saku Matematika Berbasis HOTS Kelas X Sebagai Media Pembelajaran

  • Mhd. Siddik Sinaga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fibri Rakhmawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Buku Saku Matematika, HOTS (Higher Order Thinking Skill), Media Pembelajaran

Abstract

Buku teks kelas 10 merupakan media cetak yang selalu digunakan peserta didik dalam belajar. Namun buku teks ini masih ditemukan beberapa kekurangan baik dari desain cover maupun isi. Akibatnya peserta didik sangat bosan untuk menggunakannya. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik mendesain buku saku matematika berbasis HOTS kelas X. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan buku saku matematika sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini ialah peneltian dan pengembangan atau R&D dengan menggunakan model 4-D menjadi 3-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai persentase dari ahli media sebesar 95,5% dan dari ahli materi sebesar 94%, dengan kategori layak digunakan. Sedangkan hasil persentase respon siswa menunjukkan angka 94,04% dengan kategori sangat positif sehingga buku saku praktis digunakan oleh peserta didik di dalam kelas. Adapun persentase keefektifan pembelajaran dengan buku saku sebesar 95%, dikategorikan sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa desain buku saku matematika berbasis HOTS kelas X dapat digunakan sebagai media pembelajaran di dalam kelas, sehingga peserta didik akan lebih semangat dalam belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon siswa terhadap alat pirolisis sampah
plastik sebagai media pembelajaran berbasis lingkungan di SMP Musi Rawas. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 95–104. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950

Awaludin, M. T., & Rostikawati, R. T. (2020). Pengembangan buku saku materi mamalia di taman margasatwa ragunan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 54–60. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i2.2522

Damayanti, D. (2018). Pengembangan buku saku berbasis problem based learning untuk pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama negeri 13 kota Jambi (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Retrieved from http://repository.uinjambi.ac.id/168/

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Fani, K., Fauziana, & Rahmiaty. (2021). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada pelajaran IPA kelas V MIN 25 Aceh Utara. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 66–75. https://doi.org/10.47766/ga.v2i2.165

Hidayat, S., & Rosidin, M. (2018). Visualisasi desain karakter mahasiswa jurusan desain komunikasi visual pada papan permainan kuliah seni dan desain. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(2), 134–145. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1552

Jannah, M., & Hasanah, F. N. (2021). Pengembangan buku saku digital berbasis android pada mata pelajaran pemrograman dasar di kelas X SMK Yapalis Krian. JOUTICA: Journal of Informatic Unisla, 6(2), 487–492. https://doi.org/10.30736/jti.v6i2.668

Kinanti, L. P., & Sudirman, S. (2018). Analisis kelayakan isi materi dari komponen materi pendukung pembelajaran dalam buku teks mata pelajaran sosiologi kelas XI SMA negeri di kota Bandung. Sosietas, 7(1), 341–345. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10347

Muhammad, N. N., Taiyeb, A. M., & Azis, A. A. (2015). Pengembangan buku
saku pada materi sistem respirasi untuk SMA kelas XI. Biologi, Sains, Lingkungan, Dan Pembelajaran, 162–167. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Retrieved from https://web.archive.org/web/20180515205615id_/http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/viewFile/7071/4854

Noviadji, B. R., & Hendrawan, A. (2021). Perancangan buku ilustrasi sebagai media pengenalan bidang keilmuan desain. Jurnal Desain, 8(2), 103. https://doi.org/10.30998/jd.v8i2.7930

Putri, V. C., & Listiyadi, A. (2014). Pengembangan buku sakuk sebagai media pembelajaran pada materi jurnal khusus siklus akuntasi perusahaan dagang di SMK Ketintang Surabaya. JPAK: Jurnal Pendidikan Akuntansi. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9213

Ramda, A. H. (2017). Analisis kesesuaian materi pada buku teks matematika kelas VII dengan kurikulum 2013. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 12–22.

Rohmasari, D. N. (2019). Pemanfaatan kemasan produk sebagai media pembelajaran matematika manipulatif. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/a3j78

Saputro, B. (2017). Manajemen penelitian pengembangan (research & development) bagi penyusun tesis dan disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sufri, M. (2019). Media pembelajaran matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.

Yogananti, A. F. (2015). Pengaruh psikologi kombinasi warna dalam website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i01.956.
Published
2022-04-05
How to Cite
Sinaga, M., & Rakhmawati, F. (2022). Desain Buku Saku Matematika Berbasis HOTS Kelas X Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1301-1314. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1361
Share |