Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SMA dengan Aplikasi Animaker pada Materi Vektor

  • Natalia Ayu Lestari Sidabutar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Reflina Reflina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: media pembelajaran, Animaker, Vektor

Abstract

Penelitian pengembangan dilandasi dengan terdapatnya kasus yang ditemui di SMA Negeri 13 Medan. Berdasarkan pada hasil pengamatan, kasus yang ditemui mencakup belum adanya pemakaian media berbasis website seperti Animaker dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan produk berbentuk media pembelajaran matematika SMA dengan aplikasi Animaker pada materi vektor. (2) Mengetahui kelayakan serta kepraktisan media pembelajaran aplikasi Animaker dengan tes validasi oleh ahli materi, ahli media, guru, serta respon yang di dapat dari peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, mencakup Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek penelitian yang diuji cobakan merupakan murid kelas X MIA 2 SMA Negeri 13 Medan. Hasil penelitian pengembangan ini berupa persentase dari penskoran uji validasi oleh validator ahli materi serta ahli media. Pada kelayakan didapat persentase dari ahli materi sebesar 90,9% dan 80,5% dari ahli media serta 77,68% dari guru mata pelajaran matematika. Hasil kepraktisan media pembelajaran dengan aplikasi Animaker bisa diamati dari angket respon guru serta peserta didik. Hasil penelitian membuktikan bahwa media pembelajaran dengan aplikasi Animaker praktis serta layak untuk digunakan. Respon guru serta peserta didik membuktikan reaksi positif dengan persentase nilai yang didapat. Berdasarkan angket respon guru sebesar 80% serta angket reaksi peserta didik sebesar 78%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bojonegoro, M. I. A., Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Jurnal basicedu. 5(5), 3814–3821.

Dalimunthe, S. A. S., Mulyono, M., & Syahputra, E. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 735–747. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1229

Firdaus, H., Atikah, C., & Ruhiat, Y. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran
Kelistrikan Kendaraan Ringan Berbasis Animaker Terintegrasi Youtube. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 09(02), 100–108. https://doi.org/10.23887/jptm.v9i2.33579

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079

Handayani, H., Putra, F. G., & Yetri, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tatsqif, 16(2), 186–203. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.160

Hasanah, U., & Nurfalah, E. (2020). Uji Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 384–387.

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Media Akademi.

Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Media AKademi.

Ika, M., & Irianto, S. (2021). Pengembangan Media Animaker Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator Di Kelas IV SD UMP. Jurnal El-Muhhibb: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5, 1–11.

Lubis, E. A. (2015). Strategi Belajar Mengajar (pertama). Perdana Publishing.

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903.

Mie, E., Kuliah, M., & Dan, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286.

Nasution, N., Nasution, F. B., & Hasan, M. A. (2021). PKM Peningkatan Kualitias Ajar Guru dan Workshop Pembuatan Media Ajar Berbasis Animasi Abstract : IT Luhuring Budi Elementary School is a school that prioritizes the development of various Pendahuluan Sekolah Dasar Islam Terpadu Luhuring Budi adalah sebua. 1(2).

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. 05(01), 48–64.

Paud, P., Kabupaten, D., Munawar, B., Farid, A., & Minhatul, H. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker. Jurnal Golden Age, 04(2), 310–320.

Pulungan, H., & Hasanah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Animaker Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2), 22–27.

Sattriawan, A., Sutiarso, S., Rosidin, U., Magister, P., Matematika, P., & Lampung,
U. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERINTEGRASI SOFT SKILLS DALAM MENINGKATKAN. 04(02), 950–963.

Siswono, T. Y. E. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika. Remaja Rosdakarya PT.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. CV Alfabeta.

Suryadi, A. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid 2. Jejak Publisher.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Remaja Rosdakarya PT.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. 979.
Published
2022-04-06
How to Cite
Sidabutar, N., & Reflina, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SMA dengan Aplikasi Animaker pada Materi Vektor. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1374-1386. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1362
Share |