Probing-Prompting Pengaruh Model Probing-Promting Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis Siswa pada Materi Statistika

  • Lailatul Qudsiyah STKIP PGRI Bangkalan
  • Didik Hermanto STKIP PGRI Bangkalan
  • Mety Liesdiani STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: Probing-Promting, Berpikir Kreatif dan Kritis

Abstract

Sebagai upaya mempersiapkan generasi bangsa, Pendidikan merupakan komponen utama dalam proses menuju pencapaian, dimana kontribusi pendidik dan peran serta orang tua sangat menentukan pada arah tercapainya tujuan tersebut. Hal ini sejalan dengan (Hidayati, 2019) yang menyatakan bahwa tujuan Pendidikan adalah membentuk generasi muda yang berkualitas untuk bertahan pada keadaan yang dinamis. Pendidikan yang dapat membentuk generasi yang berkualitas perlu adanya pembelajaran yang efektif, kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa, kompetensi pendidik dalam mengelola pembelajaran, dan fasilitas pembelajaran yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model probing-prompting terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa pada materi statistika di kelas VIII MTs Nurul Huda Larangan Glintong Klampis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, menggunakan instrumen berpikir kreatif dan kritis yang terdiri dari soal-soal berbentuk uraian sebanyak 5 butir soal tentang materi statistika. Data penelitian dianalisis menggunakan SPSS. Dari hasil uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh t-hitung sebesar 8.836. Angka tersebut lebih besar dari t-tabel, yaitu 8,611. Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menyatakan ada pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa pada materi statistika di MTs Nurul Huda Larangan Glintong Klampis

Downloads

Download data is not yet available.

References

An Nisaa Alfafah, A. P. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mememecahkan Matematika Kelas VIII C Di SMP Negeri 1 Bukittinggi . Juring, 259.

Ariyana, Y. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Direktorat jendral guru Dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta.

Ariyani, D. N. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASLAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MAHASISWA PGMI. JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH , 110.

Darmi, S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Tambang. 111.

Fitri Lestari, R. M. (2020). penerapan model pembelajaran probing prompting untuk meningkatkan kemampuan pemecaahan maslah matematis. Journl On Teacher Education , 248.

Hidayati, T. (2019). pengaruh penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar matematika siswa.

Miftahul Huda, M. (2013). MODEL- MODEL PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN.
Yogyakarta: 2013.

Muhammad Habib Ramadhani, C. (2017). Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. 267.

Muthmainnah, H. S. (2019). Penerapan Strategi Probing Prompting Dalam Pembelajaran Matematika Materi Relasi Dan Fungsi Di Smp. Jurnal Ilmia Pendidikan Matematika, 29.

Nurliana. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok TP 2019-2020. 72.

Permana, E. P. (2018). pengaruh media sosial sebagai sumber belajar ips terhadap motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif sekolah dasar. jurnal pinus, 55.

Putri, F. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar PAI pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 tanjung raya kabupaten mesuji. 66.

Rama Nida Siregar, A. M. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. EDUMASPUL, 58.

Rizal Abdurrozak, A. K. (2016). pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. jurnal pena ilmiah, 872.

Sholihah, M. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Probing Prompting Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vii Mts Al- Musholliyah Ampel Gading Malang.

Sugiono. (2017). metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. 78.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuaitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.

Utami, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Dalam Pembelajaran Mengabstraksi Teks Negoisasi Pada Siswa Kelas X SMA. Riksa Bahasa, 152.

Yeyen Febrianti, Y. D. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Palembang . 122.
Published
2022-06-17
How to Cite
Qudsiyah, L., Hermanto, D., & Liesdiani, M. (2022). Probing-Prompting Pengaruh Model Probing-Promting Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis Siswa pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1818-1829. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1380
Share |