Efektivitas E-Modul Model Pembelajaran Problem Solving pada Pelajaran Matematika

  • Lili Rismaini
  • Dewi Devita Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
Keywords: E-Modul, Model Pembelajaran, Problem Solving

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih bersifat teacher center. Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapat informasi. Dengan berkembangnya teknologi dan informasi juga berpengaruh terhadap media pembelajaran. Media pembelajaran yang biasanya digunakan oleh guru berupa media belajar cetak, dengan adanya perkembang teknologi ini sumber belajar cetak juga dapat di transformasikan penyajiannya ke dalam bentuk elektronik sehingga diberi istilah modul elektronik.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan  E-Modul dengan model pembelajaran problem solving yang efektif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode quasi experiment. Penelitian ini si laksanakan pada siswa kelas VIII SMP N 2 Ranah pesisir. Intrumen penelitian ini dikembangkan untuk menilai keefektifan dari E- modul pembelajaran dengan model problem solving. Hasil dari penelitian ini adalah pada tahap efektivitas menggunakan analisis statistika yaitu persamaan Paired Sample Test dengan hasil sig (2-tailed) 0,000 < nilai alfa 0,05 artinya bahwa nilai Sig.2 tailed (0,000) kecil dari nilai alfa (0,05) sehinggadapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima, artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan E-modul dengan model pembelajaran Problem solving.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, S. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem Solving Pada pembelajaran Fisika. Universitas Negeri Makasar.

Gordah, E. 2012.Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18, Nomor 3. Pontianak: STKIP PGRI Pontianak

Hamzah, Nina Lamatenggo, (2011) Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Permana, I., Zulhijatiningsih., Surti, K. (2021). Efektivitas E-Modul sistem pencernaan Berbasis Problem Solving Terhadap Kemampuan pemecahan Masalah. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. Program Study Magister Pendidikan IPA Universitas Syiah Kuala.

Prayudha, Dwiki Rengga. 2016. Pengembangan E-Modul dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII. Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Rusman., Deni Kurniawan., Cepi Riyana. (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Salam, R. (2014). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Komunikasi Matematis Siswa SMAN 9 Makassar. Jurnal Nalar Pendidikan., 2.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Suharsimi, A. (2009). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Wahyuni, D.,Millya, S., H. (2020). Efektifitas E-Modul Berbasis Problem Solving terhadap keterampilan Berfikir Kritis melalui Pembelajaran Fisika. Junal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6.

Wiyartimi. (2020). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Trigonometri Rumus-Rumus Segitiga di Kelas X SMA Negeri 50 Jakarta. Jurnal Matematika, Aplikasi dan Pembelajarannya. Jurnal Matematika, Aplikasi Dan Pembelajarannya, 9.
Published
2022-04-26
How to Cite
Rismaini, L., & Devita, D. (2022). Efektivitas E-Modul Model Pembelajaran Problem Solving pada Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1511-1516. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1392
Share |