Identifikasi Kesalahan Konseptual Dan Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Dimensi Tiga

  • Wandy Suhady Universitas Riau
  • Yenita Roza Universitas Riau
  • Maimunah Maimunah Universitas Riau
Keywords: Kesalahan Konsep, Kesalahan Prosedural, Dimensi Tiga

Abstract

Kemampuan matematika siswa yang rendah dapat dilihat dari pemahaman dan penguasaan siswa terhadap sautu materi.  Salah satu petunjuk untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi adalah dengan menganalisa kesalahan siswa dalam mengerjakan soal. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan jenis kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural siswa dalam menjawab soal pada materi dimensi tiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMAN 1 Bengkalis.  Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 Bengkalis yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini adalah jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan konseptual dalam mengerjakan soal pada materi dimensi tiga yaitu 52%. Sementara kesalahan proseduralnya sebanyak 48%. Kesalahan Konseptual dan kesalahan prosedural terjadi karena rendahnya kemampuan abstraksi dan kemampuan visual pada siswa dalam menjawab soal sehingga siswa sulit untuk mendeskripsikan dan menentukan jarak titik ke bidang pada materi dimensi tiga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina Nur Hanifah. Penggunaan Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Mojokerto dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol 3 No.3. 3-4.

Badi Rahmad Hidayat, Bambang Sugiarto, Getut Pramesti. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Vol. 1 No. 1. 40.

Badi Rahmad H, Bambang S, Getut P. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Vol. 1 No. 1. 43-45.

Desy Yusnia, Harina Fitriyani (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Jurnal Seminar Pendididikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang. 78.
Endah Dwi Yuniyanti (2012). Pembelajaran Kimia Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Media Modul dan E- LearningDitinjau dari Kemampuan Pemahaman Membaca dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Jurnal Inkuiri. 114.
Evi Febriana (2015). Profil Kemampuan Spasial Siswa Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Dimnesi Tiga Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Elemen.
Fitria Nur Kusti, dkk (2019). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika 1. 14

Ika Kurniasari (2013). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Materi Dimensi Tiga Kelas XI IPA SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. 329

Kholida Agustin, Yulia Linguistika. Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas X pada Evaluasi Materi Sifat-Sifat Bilangan Berpangkat dengan Pangkat Bilangan Bulat di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Matematika Pendidikan Matematika FMIPA UNY. 489

Madya Vica Anggraini, Made S, Susiswo. Identifikasi Kesalahan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. 682.

Rio Pradipta Ananda. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 7 Mataram Dalam Menyelesaikan Soal Garis dan Sudut. Jurnal Media Pendidikan Matematika. 82

Rita Novita (2018). Penyebab Kesulitan Belajar Geometri Dimensi Tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 20-21

Sigit Sugiarto (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-Soal Dimensi Tiga pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 3. No. 2. 105-107.

Sri Adi Widodo (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 46 N0. 2. 106-113
Titi Solfitri, Yenita Roza (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Siswa Kelas IX Se-Kecamatan Tampan Pekanbaru. Prosiding Semirata. 295-303.
Zulfa (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Linear Dua Varibael Di kelas VIII MTs Negeri Sungai Tonang. Jurnal Cendikia : Pendidikan Matematika.
Published
2019-12-02