Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Google Slide dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Luas Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Perkembangan teknologi memberikan dampak sangat besar dalam dunia pendidikan. Salah satu bentuk dari kemajuan teknologi tersebut yaitu dengan hadirnya berbagai aplikasi yang mendukung proses pembelajaran daring maupun luring. Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan multimedia interaktif berbasis Google Slide dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pentingnya multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis berdasarkan aspek interpretasi, analisis, inferensi, penjelasan, dan regulasi diri dapat menjadikan siswa lebih aktif ketika pembelajaran berlangsung dikelas maupun jarak jauh. Pada penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar media dapat dikembangkan melalui validasi ahli media dan materi. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi dan kuesioner dengan instrumen penelitian uji validasi ahli media dan materi berupa angket skala likert 1 sampai 5 yang memuat analisis deskriptif kuantitatif dan persentase. Target yang ditujukan kepada siswa kelas IV SDN Kebayoran Lama Selatan 03. Penelitian pengembangan ini menghasilkan multimedia interaktif berbasis Google Slide untuk pelajaran Matematika dan dikembangkan dengan 2 tahap yaitu, menyiapkan proses berbentuk materi atau bahan pembelajaran dan membuat rancangan Google Slide dengan menggunakan template paling menarik. Hasil uji validasi ahli materi menghasilkan persentase sebesar 92% dengan kategori sangat baik serta hasil validasi dosen ahli media menerangkan sangat baik dengan persentase sebesar 95%. Respon peserta didik menerangkan bahwa kevalidan rata-rata 4,5 dengan persentase 91%. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan multimedia interaktif berbasis Google Slide dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa materi luas bangun datar kelas IV Sekolah Dasar.
Downloads
References
Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422.
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1241
Anshori, F. Al, & Syam, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Slide Terhadap Minat Bertanya Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2).
Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224
Azizah, Z. F. (2019). Instrumen Angket Validasi Pengembangan Media Fung-Cube Pada Pembelajaran Fungi Untuk Siswa SMA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group
Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Fakhriah, L. (2017). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Google Slide Berbantu Aplikasi Pear Deck Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh. 8(1), 1–13. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1473
Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14(1), 20–29.
Hermita, N., Putra, Z. H., Alim, J. A., Tang, J., Wijaya, T. T., Li, L., Pereira, J., & Tamur, M.
(2021). The Hungry Ant: Development of Video-Based Learning on Polyhedron. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(17), 18–32. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i17.23099
Muttaqin, M. Z., Yuli, T., Siswono, E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Multimedia Lectora Inspire Untuk. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 495–511.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Ix. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 2006, 179–186.
Pramudiani, P., & Herman, T. (2021). Students’ Mathematical Thinking in Column Calculation and Algorithms. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1928–1942. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.697
Purnamasari, S., Heryawan, A., & ... (2019). Pengembangan Model Media
Pembelajaran Berbasis Google Slide Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp. JTPPm (Jurnal Teknologi …, 6(1), 37–43. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7410
Putri, N. A., & Jauhariyah, M. N. R. (2021). Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Quizizz Pada Materi Usaha dan Energi. Kappa Journal, 5(1), 88–101. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/article/view/3661
Rachmadyanti, P., & Gunansyah, G. (2020). Pengembangan E-Book untuk Matakuliah Konsep Dasar IPS Lanjut Bagi Mahasiswa PGSD UNESA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 83. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.39681
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika Oleh: Nur Rahmah. 1–10.
Razak, F. (2018). Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa Kelas Vii Smp Pesantren Immim Putri Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 117–128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.299
Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 52–56. https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1070
Soleh. (2019). Perancangan Animasi Interaktif Prosedur Merawat Peralatan Multimedia pada Jurusan Multimedia SMK BPS&K II Bekasi. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(2), 138–150. https://doi.org/10.34010/jati.v9i2.1899
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 1st ed.). ALFABETA.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145
Wartoyo, A. T. (2019). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui ADDIE Model Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal PKn Progresif, 11(1), 313–330.
Copyright (c) 2022 Thia Monica, Puri Pramudiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.