Pengembangan Media Bus Race Algebra pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP

  • Eko Yulianto Prambudi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Tri Nova Hasti Yunianta Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Keywords: Pengembangan Media, Bus Race Algebra

Abstract

Terdapat siswa masih kesulitan dalam belajar matematika kususnya pada materi bentuk aljabar. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah dan mengandalkan LKS sebagai acuan belajar yang dianggap siswa kurang efektif dan menyenangkan, sehingga diperlukan media belajar yang menyenangkan agar siswa juga senang belajar matematika. Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu media pembelajaran board games berupa Bus Race Algebra yang digunakan untuk siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama pada pokok bahasan bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Subjek Penelitian adalah sebanyak 15 siswa dari siswa kelas VII SMP N 2 Doplang, SMP N 5 Salatiga,  Mts PSM Randublatung. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentai dengan teknik analisis data berupa  analisis kevalidan, analisis keefektifan, analisis kepraktisan. Hasil penelitian pengembangan ini persentase rata-rata nilai kevalidan dari segi materi adalah 88,34% dengan kategori sangat baik dan Persentase rata-rata nilai kevalidan dari segi media adalah 83,33% dengan kategori sangat baik. Persentase rata-rata nilai kepraktisan adalah 88,35% dengan kategori sangat baik. Hasil nilai dari uji pair t-test adalah kurang dari 0,05 dengan rata rata nilai pretest 56,00 meningkat menjadi 84,50 pada nilai postest. Lembar pendapat siswa mendapatkan respons yang sangat positif terhadap media pembelajaran Bus Race Algebra dengan rata-rata persentase pendapat siswa terhadap media Bus Race Algebra adalah  90,00% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Rifki. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1 (1), 77-89.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aziz, Lalu Abdul. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Media Pembelajaran Matematika, 6 (1), 318-323

Harsantik, S. (2014). Pengembangan MediaGame Tebak Gambar Untuk Membantu Eksplorasi Karir Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Panggul. Jurnal Unnesa, 4 (3), 1-9.

Harsono, D.N., Prihatnani, E., (2018). Pengembangan Permainan Domat Card Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. MAJU 5, 1–13.

Indrawati, D., Suardiman, S.P., Uny, Pp., (2013). Pengembangan Media Travel Game untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas V. J. Prima Edukasia 1, 12.

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press
Kharimah, R.F., Suporwoko, Wahyuningsing, D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika Untuk Siswa SMP/Mts Kelas VII. Jurnal Pendidikan Fisika. 1 (2), 6-11

Latief, M., (2017). Pengembangan Permainan Ular Jarpa Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pokok Asam-Basa. Jurna Penelit. Pendidik. Insani 20, 101–107.

Listiani, D., Prihatnani E. (2018). pengembangan media pembelajaran dart board math bagi siswa kelas vii smp. Jurnal math didactic, 4(1), 21 – 33

Malalina. (2017). Media Ular Tangga Segitiga Pada Materi Luas dan Keliling Segitiga. Journal Cendekia, 1(2), 35-40.

Mujito, Imam Sunarno. (2018). Pengembangan Board Game Media Edukasi Tastarok Sebagai Media Permainan Simulasi. Journal of Borneo Holistic Health, 1 (2),180-189.
stem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Putri, A.W., Yunianta, T.N.H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Board Game “The Labyrinth of Trigonometry” Pada Materi Trigonometri Kelas X SMA. Satya Widya, 2 (34), 88-100

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., dan Rahardjito. (2010). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya). Jakarta: Rajawali Pers.

Setyaningsih, M.D., Dewi, N.R., (2015). Pengembangan Media Papan Permainan Berbasis Scince Edutainment Tema Makanan Untuk Siswa Kelas VIII. USEJ 4, 965–972.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Warsitasari, Wahyu Dwi. (2015). Berpikir Aljabar Dalam Pemecahan Masalah Matematika. APOTEMA, 1(1), 1-17
Published
2020-01-13
How to Cite
Prambudi, E., & Yunianta, T. (2020). Pengembangan Media Bus Race Algebra pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8-22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.150
Share |