Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecemasan Matematis

  • Risa Rahma Safitri Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hamidah Suryani Lukman Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Novi Andri Nurcahyono Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kecemasan Matematis, Pembelajaran Matematika

Abstract

Kecemasan matematis adalah sebuah perilaku yang dapat menjadi penghambat dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari tinggi, sedang, dan rendahnya kecemasan matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI OTIN SMK Negeri 1 Kota Sukabumi tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 36 siswa dan hanya dianalisis 3 orang siswa setelah hasil angket dan tes, untuk Teknik pengambilan subjeknya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket kecemasan matematis, tes materi vector, dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis di kelas XI OTIN pada materi vector di SMKN 1 Kota Sukabumi dari ketiga kategori kecemasan matematis, siswa masih belum memenuhi langkah pengerjaan soal kemampuaan pemecahan masalah siswa sesuai dengan langkah polya dan indikator yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa dengan kategori kecemasan tinggi akan berpengaruh negatif pada skor pemecahan masalah, penelitian ini penting dilakukan karena untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan menurunkan kecemasan siswa terhadap pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arem, C. A. (2009). Conquering Math Anxiety : 3rd edition. USA : Chengage Learning.

Ashcraft, M. H. (2002). Math Anxiety : Personal, Educational, and Cognitive Consecuence. Sage Journal, Volume 11 (5) : 181-185.

Ashcraft, M. H., & Krause, J. A. (2007). Working Memori, Math Performance, and Math Anxiety. psychonomic Bulletin & Review, 14(2), 243-252.

Chairani, Z. (2016). metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Chewning, S. (2002). Overcoming Math Anxiety. Germanna Community Collage.

Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. JPMI, 809-816.

Indriyani, F. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Langkah Ideal Problem Solving.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Maisarah, Fauzi, M. A., & Matondang, Z. (2019). model hands-on mathematics dan rme pada kemampuan pemecahan relasional dan mathematics anxiiety anak sekolah dasar. Surabaya: CV.Jakad Media Publishing.

Mohamed, S. H., & Tarmizi, R. A. (2010). Anxiety in Mathematics Learning Among Secondary School Learners : A Comparatif Study betweern Tanzania and Malaysia. Procedia Social and Behavioral Sciences, 8 : 498-504.

Nesa, M. Z. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Tingkat Adversity Quotient.

Pattisina, Z. C., & Sopiany, H. N. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecemasan Matematis pada Materi Lingkaran. Sesiomadika.

Phonapichat, P., Wongwanich, S., & Sujiva, S. (2014). An Analysis of Elementary School Students' Difficulties in Mathematical Problem Solving. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 3169-3174.

Santriyani. (2016). Pengaruh Kecemasan Matematika (Matematics Anxiety) dan gender tehadap kemapuan pemecahan masalah matematis.

Sopiany, H. N., & Rahayu, W. (2019). Analisis Minkonsepsi Siswa ditinjau dari Teori Kontruktivisme pada Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 185-200.

Sugiyono. (2019). Petode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan RND. Bandung: Alfabeta.

Sumadi, Damo, & Suharjani, A. (2008). Matematika. Jakarta: Saka Mitra Kompetensi.

Ulya, H. (2016). Profil Kemapuan emecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal roblem Solving. Konseling GUSJIGANG, 90-96.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166-175.

Zarkasyi, W. (2015). Penelitian Pendidikan. PT. Refika Aditama.
Published
2022-11-30
How to Cite
Safitri, R., Lukman, H., & Nurcahyono, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecemasan Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3469-3485. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1571
Share |

Most read articles by the same author(s)