Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMPN 13 Medan

  • Faizah Ibrahim Bakoban Universitas Negeri Medan
  • Edi Syahputra Universitas Negeri Medan
  • Nerli Khairani Universitas Negeri Medan
Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Buku Digital Interaktif, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Persegi dan Persegi Panjang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran buku interaktif dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi segiempat (persegi dan persegi panjang) yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa; 2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan media pembelajaran buku digital interaktif berbasis pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi segiempat (persegi dan persegi panjang). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan subjek penelitian 15 orang siswa/i kelas VII-2 dan 15 orang siswa/i kelas VII-3 di SMP Negeri 13 Medan. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran buku interaktif dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi segiempat (persegi dan persegi panjang). Kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas media pembelajaran oleh para validator dengan nilai rata-rata total sebesar 3,73 (kategori “Valid”). Sementara itu, kepraktisan media pembelajaran dilihat dari skor observasi keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba II yaitu sebesar 3,8 (kategori “Terlaksana dengan Baik”). Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari aspek yaitu ketuntasan klasikal dan respon siswa. Ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah siswa pada uji coba II sebesar 86,67% (13 siswa). Rata-rata respon siswa pada uji coba II adalah 3,76 (kategori “Tertarik). Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba II terjadi peningkatan nilai dengan skor 0,23 (kriteria “rendah”) menjadi skor 0,35 (kriteria “sedang”).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, & Bada, T. I. (2017). Mendesain Model Pembelajaran. Kencana Prenada Group.

Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya
Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash Practicality Of Learning Media for Antibacterial Power of Sapodilla Fruit Extract Based Macromedia Flash. Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 76.

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Endang, M. (2016). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika? Perdana Mulya Sarana.

Kemendikbud. (2020a). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan, 33, 1–5. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan

Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. 300.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Marselina, V., & Muhtadi, A. (2019). Pengembangan Buku Digital Interaktif Matematika Pada Materi Geometri. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 196–207.

Misu, L. (2014). Mathematical Problem Solving of Student by Approach Behavior Learning Theory. International Journal of Education and Research, 2(10), 181–188.

Nuh, M. (2014). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum, 13, 13,23. http://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-104-tahun-2014.pdf

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., &
Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Rozak, A., Darmadi, & Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sasa-Aura untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik SMK Cendekia Madiun Tahun Ajaran 2017/2018. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 31–50. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1267

Tasmalina, T., & Prabowo, P. (2018). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah
Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(1), 14–20. https://doi.org/10.30743/best.v1i1.621
Published
2022-09-21
How to Cite
Bakoban, F., Syahputra, E., & Khairani, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMPN 13 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2962-2971. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1645
Share |

Most read articles by the same author(s)