Pengembangan Apikasi Android Berbasis Simulasi Interaktif Berbantuan MATLAB untuk Pembelajaran Matematika SMP Pasca Pandemi

Keywords: MATLAB, media pembelajaran matematika, media pembelajaran matematika interaktif

Abstract

Melalui Focussed Group Discussion, guru menjelaskan bahwa permasalahan pembelajaran matematika yaitu belum adanya media pembelajaran matematika yang menarik untuk digunakan selama pembelajaran pasca pandemic dengan moda tatap muka.  Padahal, selama pandemi, siswa kurang dapat memahami materi dan bosan dengan pembelajaran matematika yang disajikan melalui power point memuat teks secara penuh. Hal ini melandasi penelitian ini yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbantuan MATLAB. Penelitian berjenis pengembangan menggunakan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Tahap awal yaitu mengidentifikasi kebutuhan sekolah terkait kecukupan materi dan kemampuan awal siswa maupun guru. Selanjutnya, dilakukan perancangan media menggunakan MATLAB. Pengembangan media dilakukan dengan mengujicobakan secara terbatas pada satu kelas di SMP dan satu kelas di SMA. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya lembar tes dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan menggunakan MATLAB efektif untuk diujicobakan pada pembelajaran matematika di berbagai sekolah. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji coba media, siswa mampu lulus tes dengan skor di atas KKM dan respon siswa positif terhadap kemenarikan dan kemudahan penggunaan media.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Siti Khoiruli Ummah, Universitas Muhammadiyah Malang

Department of Mathematics Education

References

Adzobu, N. (2014). Design, Use and Evaluation of E-Learning Platforms: Experiences and Perspectives of a Practitioner from the Developing World Studying in the Developed World. Informatics, 1(2), 147–159. https://doi.org/10.3390/informatics1020147

Agustina, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Era Pandemi Covid-19 Terhadap. Desimal: Jurnal Matematika, June.

Almarabeh, H., Amer, E. F., & Sulieman, A. (2015). The Effectiveness of Multimedia Learning Tools in Education. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 5(12), 761–764.

Apriandi, D., & Kusuma, S. R. (2017). Penerapan Media Simulasi Matlab Berbasis Interactive Conceptual Untuk Meningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6, 57–64. https://doi.org/10.13937/j.cnki

Azmi, R. D., & Ummah, S. K. (2021). Implementasi Project Based Learning Untuk Mengetahui Kemampuan Computational Thingking Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 5(1).

Falloon, G. (2020). From simulations to real: Investigating young students’ learning and transfer from simulations to real tasks. British Journal of Educational Technology, 51(3), 778–797. https://doi.org/10.1111/bjet.12885

Firdayati, L. (2019). Penggunaan Model Elpsa Dengan Bantuan Alat Peraga Geoboard Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 133–145. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1767

Gao, B. W., Jiang, J., & Tang, Y. (2020). The effect of blended learning platform and engagement on students’ satisfaction—— the case from the tourism management teaching. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 27, 100272. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2020.100272

Gil, P. (2017). Short project-based learning with MATLAB applications to support the learning of video-image processing. Journal of Science Education and Technology, 26(5), 508–518.

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Hasrawati, & Imansyah, M. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Matlab Pada Kompetensi Dasar Sistem Telekominukasi di SMK Telkom Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1, 31–37.

Hensberry, K. K. R., Moore, E. B., & Perkins, K. K. (2015). Effective Student Learning of Fractions with an Interactive Simulation. Journal of Computers in Mathematics & Science Teaching, 34(3), 273–298.

Jowsey, T., Foster, G., Cooper-Ioelu, P., & Jacobs, S. (2020). Blended learning via distance in pre-registration nursing education: A scoping review. In Nurse Education in Practice. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102775

Laili, H. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Kemampuan Mahasiswa dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran pada Perkuliahan Strategi Pembelajaran Matematika. FONDATIA, 1(2), 131–149. https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.106

Liu, K. S., & Hsueh, S. L. (2016). Effects of digital teaching on the thinking styles and the transfer of learning of the students in department of interior design. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(6), 1697–1706. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1563a

Muchamad, M. K., Mawarti, A. D., Santoso, H., & Kom, M. (2015). Australian Journal of Basic and Applied Sciences Analisis Development and Implementation Media Education of Matematic Achievement of Student Learning ( Object : Student 6th Grade in Semarang ). Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 9(9), 37–42.

Mulyanti, B., Purnama, W., & Pawinanto, R. E. (2020). Distance Learning in Vocational High Schools during the COVID-19 Pandemic in West Java Province , Indonesia. Indonesian Journal of Science & Technology, 5(2), 271–282.

Saparwadi, L., Sa’dijah, C., Rahman As’ari, A., & Daniel Chandra, T. (2019). Reversible thinking ability in calculus learn-ing using maple software: A case study of mathematics education students. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(1C2), 695–700.

Setyansah, R. K., & Apriandi, D. (2019). Development of Textbook Based on E-Learning “Matlab Simulation” in Numerical Analysis. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012024

Setyorini, I. (2020). Pandemi COVID-19 Dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurukulum 13? Journal of Industrial Engineering & Management Research ( JIEMAR ), 01(1), 95–102.

Sibero, A. F. K., Manurung, I. H. G., & Sitanggang, R. (2020). Pelatihan Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dan Evaluasi Guru Di Smk Negeri 11 Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 107–114.

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (Baei) Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar, 6(1), 1–15.
Tseng, W. (2014). Effect of Integrating Blended Teaching into Mathematics Learning for Junior High School Students. 1(2), 39–57.

Ummah, S. K., Inam, A., & Azmi, R. D. (2019). Creating manipulatives: Improving students’ creativity through project-based learning. Journal on Mathematics Education, 10(1). https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5093.93-102

Yahya, R., Ummah, S. K., & Effendi, M. M. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped classroom Bercirikan Mini-project. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 78–91.

Yaumi, M., Islam, U., & Alauddin, N. (2018). Ragam Media Pembelajaran : Dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi Media Ragam Media Pembelajaran : Dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi Media Muhammad Yaumi Disajikan pada Seminar Nasional dan Workshop tentang Pemanfaatan Med. December 2017.
Yazdi, M., Matematika, D. J., & Tadulako, U. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1), 143–152.
Published
2023-01-12
How to Cite
Azmi, R., & Ummah, S. (2023). Pengembangan Apikasi Android Berbasis Simulasi Interaktif Berbantuan MATLAB untuk Pembelajaran Matematika SMP Pasca Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 313-325. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1796
Share |