Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Metakognitif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Confidence Matematis Siswa

  • Rida Nelviani Lubis Universitas Negeri Medan
  • Asrin Lubis Universitas Negeri Medan
  • Asmin Asmin Universitas Negeri Medan
Keywords: Pengembangan Modul Pembelajaran, model Dick & Carey, Pendekatan Metakognitif, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-Confidence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: validitas, praktis, efektif, modul pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan metakognitif, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-confidence matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Dick & Carey. Hasil penelitian ini: (1) Validasi modul pembelajaran dengan menggunakan pendekatan metakognitif yang dikembangkan berada pada kategori ‘Valid’ dengan nilai rata-rata total sebesar 4,3; (2) Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba I terjadi peningkatan nilai sebesar 0,42 dengan kriteria sedang  dan pada uji coba II terjadi peningkatan nilai sebesar 0,52 dengan kriteria sedang ; (3) Berdasarkan hasil pencapaian self-confidence, terjadi peningkatan dari uji coba I ke uji coba II.; (4) Modul pembelajaran berbasis dengan menggunakan pendekatan metakognitif yang dikembangkan memenuhi kriteria keberhasilan kepraktisan modul pembelajaran ditinjau dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. Skor yang diperoleh pada uji coba II adalah 4,47 dengan kategori ‘Baik’.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2014). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Agnesia, Rahmy, dan Caswita, W. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7 No 3, 412–422.

Aisyah. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Logis Mahasiswa Program Studi pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. Jurnal Ilmiah DIKDAYA Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi, 6 (2), 1–11.

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia., 3 No. 2.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., dan Z. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bandura, A. (1989). Self-efficacy mechanism in physiological activation and health-promoting behavior. In J. Madden, S. Matthysse, & J. Barchas (Eds.), Adaptation, learning and affect. Raven.

BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Badan Standar Nasional Pendidikan.

Depdiknas. (2014). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Depdiknas.

Hajar, S., Bernard, H., & Djam’an, N. (2018). Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 2 (1), 92-99.

Hamidani. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. CV Pustaka Setia.

Hasratuddin. (2018). Mengapa Harus Belajar Matematika. Perc. Edira.

Hendriana, Rohaeti, S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.

Herijanto, B. (2012). Pengembangan media interaktif. Journal of Educational Review and Research, 1(1), 8–12.

Hobri. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Center for Society Studies.

IEA. (2016). TIMSS International Results In Mathematics. Online. https://timssandpirls.bc.edu/timss2003i/userguide.html

Muchayat. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Strategi IDEAL Problem Solving Bermuatan Pendidikan Karakter. Jurnal PP, 1, No. 2(2089-3639.).

Nieveen, N. (2013). Educational Design Research. Enchede. Netherlands Institute for curriculum development.

OECD. (2018). PISA 2015. PISA Result in Focus.

Sihombing, Nova A dan Fauzi, A. (2017). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Tipe Think Talk Write pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMPN 27 Medan. Jurnal Inspiratif, 3 No2.

Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Susanto, A. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.

Trihendri, C. (2012). Langkah Mudah Menguasai SPSS 21. Andi offset.
Widodo, S. dan J. (2008). Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Gramedia.
Published
2022-12-15
How to Cite
Lubis, R., Lubis, A., & Asmin, A. (2022). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Metakognitif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Confidence Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 27-38. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1837
Share |