Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VIII di Cianjur

  • Ai Sumiati IKIP SIliwangi
  • Yenni Agustini IKIP SIliwangi
Keywords: Kesulitan Siswa, Soal Segiempat dan Segitiga

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal segiempat dan segitiga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP di Cianjur yang berjumlah 19 orang. Metode yang digunakan merupakan metode deskriptif kualitatif. Soal yang digunakan dalam menganalisis kesulitan pada materi segiempat dan segitiga yaitu soal yang diadopsi dari soal yang sudah ada pada Skripsi. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang dialami siswa pada umumnya yaitu kesulitan memahami konsep segiempat dan segitiga, kesulitan mencerna bahasa matematika, kesulitan menentukan strategi serta kesulitan dalam melakukan prosedur matematika. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika yaitu adanya pandangan yang salah terhadap matematika, kurangnya rasa ingin tahu, serta kurangnya pemahaman siswa. Dalam pembelajaran matematika guru hendaknya tidak hanya melihat kesulitan apa saja yang dialami siswa tetapi melihat faktor apa saja yang menjadi penyebabnya, sehingga kesulitan siswa dapat diatasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, R., Aripin, U., & Hidayani, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1143-1154.
Hakim, I. D., & Ramlah. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Segiempat dan Segitiga pada Siswa SMP. Prosiding Pendidikan Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.
Irawan, E. B., dkk. (2016). Bangun Datar Segiempat Berdasarkan Teori Nolting. jurnal Artikel, 3–4.
Majid, R. A., & Abadi, A. P., (2019). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Prosiding Pendidikan Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Matematik Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.148
Kesumawati, N. (2010). pemahaman konsep matematika dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika 2008.
Khoiri, M. (2014). Pemahaman Siswa Pada Konsep Segiempat Berdasarkan Teori van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Nurwulan.(2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa SMP dengan menggunakan Pendekatan Problem Based Learning.Skripsi.Fakultas Pendidikan Matematika dan Sains IKIP SILIWANGI. Bandung : Tidak diterbitkan.
Pendidikan, F. I., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII MTS Negeri Sungai Tonang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.
Rahmawati, N. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Savi dan Vak Pada Materi Himpunan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 21-24.
Sumarni, M, M. D., & Side, S. (n.d.). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar . 1-8.
Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).
Fitriani, N., Suryadi, D., &Darhim, D. (2018). Analysis of Mathematical Abstraction on Concept of A Three Dimensional Figure with Curved Surfaces of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1), 1-7. http://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012037
Fitriani, N., & Yuliani, A. (2016). Analisis Penerapan Pemebalajaran Matematika Berbasis PMRI pada Sekolah Dasar di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 3(1). 25-32.
Published
2020-05-05
How to Cite
Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VIII di Cianjur. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 321-331. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.184
Share |