Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMP

  • Monadia Liiman Universitas Negeri Medan
  • Mulyono Mulyono Universitas Negeri Medan
  • E. Elvis Napitupulu Universitas Negeri Medan
Keywords: Perangkat Pembelajaran, Model 4-D, Pendekatan CTL, Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa melalui pemanfaatan alat peraga pembelajaran yang mapan dan proses jawaban siswa dalam proses pemecahan masalah. pertanyaan. Investigasi dalam 4-D. Pemanfaatan RPP, buku siswa, penilaian masalah matematika, dan survei disposisi matematika semuanya dilaksanakan. Berdasarkan temuan penelitian ini: (1) perangkat Contextual Teaching and Learning yang telah ditetapkan adalah valid; (2) alatnya bermanfaat; dan (3) alat-alat tersebut meningkatkan penguasaan klasikal siswa. Padahal pretest siswa pada uji coba II adalah 20,83 dan posttest 87,50%, lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan lebih dari 85% setiap komponen keterlibatan siswa menunjukkan keaktifan. siswa. dalam pembelajaran; (4) Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa meningkat, dengan skor N-gain sebesar 0,63 untuk kemampuan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akker, J. (1999). Principles and Methods of Development Research. Kluwer Academic Publisher.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Cai, J., Victoria, R. (2012). Mathematical Dispositions and Student Learning: A
Methaphorical Analysis. Marquette.

Cockroft, W. H. (2014). Mathematics Counts, Report of the Committee of Inguiry Into the Teaching of Mathematics in Schools. Her Majesty’s Stationery Office.

Fauza. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (3).

Hendriana. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT Refika Aditama.

Hudojo, H. (2018). Mengajar Belajar Matematika. Depdikbud.

Marzuki. (2012). Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun. II, 33-44.

Minarni, A., Napitupulu, E. (2020). Kemampuan Berpikir Matematis dan Aspek Afektif Siswa. Harapan Cerdas Publisher.

NCTM. (2020). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Permendikbud RI. (2013). Salinan Lampiran Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.

Polya, G. (1973). How To Solve It. A New Aspect of Mathematical Method. Stanford University.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Trenada media group.

Sinaga, B. (1999). Efektivitas Pembelajaran Berdasarkan masalah (problembase instruction) pada kelas I SMU dengan bahan kajian fungsi kwadrat. PPS IKIP Surabaya.

Sinaga, B. (2007). Pengembangan Model Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak. Universitas Negeri Surabaya.

Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Sunandar. (2014). nalisis kesalahan dan Kasulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X.IIS di SMA N Rembang,.

Susanto, A. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2016). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana.
Published
2022-12-19
How to Cite
Liiman, M., Mulyono, M., & Napitupulu, E. E. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 60-71. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1844
Share |

Most read articles by the same author(s)