Pengembangan Kelas Virtual Dengan Gnomio Dalam Kecakapan Komunikasi Matematis Siswa Topik Transformasi

  • Resti Artiyani Pratiwi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aan Hendrayana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ihsanudin Ihsanudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Kelas Virtual, Gnomio, Kecakapan Komunikasi Matematis, Transformasi Geometri

Abstract

Pada pokok bahasan topik transformasi geometri terdapat konsep yang membutuhkan visualisasi. Oleh karena itu, dibutuhkannya pembelajaran virtual guna menyajikan materi yang dilengkapi dengan ilustasi objek yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk kelas virtual dengan gnomio dalam kecakapan komunikasi matematis siswa topik transformasi geometri, dan mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas virtual yang dikembangkan memenuhi indeks kevalidan dan kepraktisan . Hasil uji validasi media sebesar 83.80% dan validasi materi sebesar 90.38% dengan kategori sangat baik. Hasil uji kepraktisan oleh guru dan siswa berturut-turut sebesar 100% dan 85.14% dengan kategori sangat baik. Uji keefektifan menggunakan normalitas gain (N-gain) dan paired sample t-test. Hasil analisis menggunakan N-gain memenuhi batasan N-gain  yaitu sebesar 0.32 dengan kategori sedang dan analisis menggunakan paired sample t-test diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0.002. Dari hasil penilaian kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan diperoleh bahwa kelas virtual dengan gnomio yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansari, B. I. (2018). Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena
Bangun, J. D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Siswa Kelas VII SMP Swasta Nurcahaya Medan. Program Pascasarjana. Medan: Universitas Negeri Medan.
Gunawan, F. I., & Stefani, G.S. (2018). Pengembangan Kelas Virtual dengan Google Classroom dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa SMK Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.
Literacy and Numerary Secretariat. (2010). Communication in the Mathematics Classroom. The Capacity Building Series: Secretariat Special Edition 13.
Nasrullah & Baharman. (2017). Pengaruh SMP Virtual Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Makassar: Universitas Negeri Makassar, 662-666.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Poe, M and MLA Stasssen. (2002). Teaching and Learning Online: Communication, Community, and Assessment, Journal A Handbook for UMass Faculty AMHERST: Center or Teaching Office of Academic Planning University of Massachusetts.
Rahman, F. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi pada Mata Pelajaran Desain Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Program Sarjana Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sarwono, J. (2009). Statitik itu Mudah: Panduan Lengkap untuk Belajar Komputasi Statistik Menggunakan SPSS 16. Yogyakarta: ANDI.
Sudin, V.V., & Flaviana, M.T. (2018). Pengembangan Kelas Virtual Dengan LMS Kelase Untuk Pemahaman Konsep Siswa Dalam Materi Trigonometri Untuk Rumus Jumlah Dan Selisih Dua Sudut. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21. Kalimantan Barat, 10 Desember.
Published
2020-05-12
How to Cite
Pratiwi, R., Hendrayana, A., & Ihsanudin, I. (2020). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Gnomio Dalam Kecakapan Komunikasi Matematis Siswa Topik Transformasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 380-395. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.199
Share |