Pengaruh Model Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD

  • Beatrix Nian Gupitararas universitas kristen satya wacana
  • Wasitohadi Wasitohadi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Keywords: Hasil Belajar, Number Head Together, Student Teams Achievement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran number head together dan Student Teams Achievement Division apakah hasil belajar terdapat peningkatan atau tidak. Dimana untuk model pembelajaran number head together dilakukan dikelas IV A yaitu kelas eksperimen dan untuk model pembelajaran Student Teams Achievement Division dilakukan dikelas  IV B yaitu kelas kontrol.Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest  dan posttest. Soal pretest dilakukan karena untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian setelah itu baru dikenakan penerapan menggunakan model pembelajaran, kemudian yang ketiga baru diberikan soal posttest soal ini digunakan untuk mengetahui apakah meningkat atau tidak hasil belajar siswa. Data yang diperoleh akan diuji dengan menggunakan Paired Sampel T-Test dengan bantuan menggunakan aplikasi SPSS 25,0 for windows. Kelas yang dikenai model pembelajaran number head together menghasilkan pemahaman yang leih baik dibandingkan dengan kelas yang di kenai model pembelajaran Student Teams Achievement Division, dari penelitian terdapat juga perbedaan pemahaman dari kelas yang dikenai model number head together dan model pembelajaran Student Teams Achievement Division, kedua kelas tersebut sama sama kelas yang aktif sehingga mempunyai rasa untuk saling bersaing antar kelompok dalam satu kelasnya. Sehingga setelah melakukan penelitian dapat terlihat dari hasil pengerjaan soal pretest untuk kelas eksperimen 75,33 % sedangkan kelas kontrol 67,73 % dan untuk soal posttest  kelas ekperimen mendapatkan 84,52% dan kelas kontrol mendapatkan 74,42%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrian. (2014). Hasil Belajar Siswa yang Diperoleh Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT dengan STAD pada Materi Pesawat Sederhana di Kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh . Unsyiah.
Aryana, I. G., Agil , A. I., & Ahmad, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif NHT dan STAD Terhadap Hasil Belajar Sikap Siswa SMA Ngeri 2 Gerung. Jurnal Pijar MIPA, 49 - 56.
E, R. S. (2016). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media.
H, K. (2014). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD DItinjau dari Hasil Belajar SIswa S. 251.
Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibad, M. (2013). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Metode Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Universitas Sebelas Maret.
Imanuni, D. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Geogratif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dan Student Team Achievement Division (STAD) Kelas XI IPS SMAN 4 Metro Tahun Pelajaran 2012 - 2013 .
Indriastuti, N. (2016). Studi Komparas Strategi Student Teams Achievemen Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika SIswa Kelas IV SDN 1 Siswodipuran Boyolali Tahun Ajaran 2015 / 2016 . Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Isjoni. (2014). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Kuswoyo, A. (2009). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan NHT Terhadap Kemampuan pemecahan Masalah Matematika pada Materi POkok Kubus dan Balok Kelas VII SMP N 4 Semarang . tidak diterbitkan.
Purwasih, F. E. (2014). Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi Menggunakan Pembelajaran STAD dan NHT siswa kelas VII SMP Negeri 2 Plupuh Sragen Tahun ajaran 2013 / 2014.
Setiawan, R. (2008). Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together pada Pokok Bahasa Operasi Hitung Campuran ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa.
Slavin E, R. (2016). Cooperative Learning Teori,Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif . Surabaya: Kencana.
W, W., & Bondan , D. (2012). Komparasi Kemampuan Komunikasi Matematis antara Siswa yang diberi Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT dengan STAD kelas VII SMPN 5 Depok . E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta, 1 :2.
Published
2020-05-05
How to Cite
Gupitararas, B., & Wasitohadi, W. (2020). Pengaruh Model Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 313-320. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.205
Share |