Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMA/MA

  • Khairunnisa Harahap Univercity of Riau
  • Rini Dian Anggraini Universitas Riau
  • Armis Armis Universitas Riau
Keywords: Barisan dan Deret, Pembelajaran Penemuan, Perangkat Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pentingnya perangkat pembelajaran dan belum banyak perangkat pembelajaran materi barisan dan deret yang sesuai dengan K13. Produk yang dihasilkan berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning (DL) topik barisan dan deret SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian menerapkan model 4-D dengan tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Perangkat pembelajaran divalidasi oleh 3 ahli lalu direvisi sesuai saran. Sesuai hasil validasi, diperoleh perangkat yang dihasilkan memenuhi syarat valid dengan nilai akhir untuk Silabus 3,96, RPP 3,65 dan LAS 3,61 dan kategori “sangat valid”. LAS yang sudah divalidasi kemudian diujicobakan kepada enam siswa kelas SMA IT Al-Fityah Pekanbaru. Sesuai hasil uji coba LAS yang dihasilkan memenuhi syarat praktis dengan rata-rata kepraktisan  3,37 dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hal ini dinyatakan perangkat pembelajaran berbasis DL topic barisan dan deret kelas SMA/MA valid dan praktis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, I. N., Syahri, A. A., & Fitriany. (2011). Teori Perkembangan kognitif Piaget dan Implikasi dalam Pembelajaran Matematika. Sigma, 21.

Alvionita, E., Abdurrahman, & Herlina, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa Kelas X SMK. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 7(1), 48–55.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162

Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Barisan dan Deret. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) (p. 79). Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Harijani, D. S., Muhsetyo, G., & Susanto, H. (2016). Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Barisan dan Deret. Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya (p. 235). Malang: Universitas Negeri Malang

Hs, M. H. (2018). Empat Kompetensi untuk Membangun Profesionalisme Guru. Nizamia Learning Center.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Khairani, B. P., Maimunnah, & Roza, Y. (2021). “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA pada Materi Barisan dan Deret.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1578–1587.

Pasaribu, E. Z., Ritonga, M. W., Watrianthos, R., & Hidayah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Rantau Selatan. Maju, 219–220.

Rahmadani, E. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa Berbantuan Geoboard. Paradikma.

Saifuddin, I., Zubaidi, Partono, & Nurdhuka, M. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Pokok Bahasan Barisan dan Deret Kelas X IPS SMA 1 Blora. Jurnal Teladan, 99.

Simamora, R. E., Lestari, S. A. B., & Siagian, M. V. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman
Konsep Siswa Pada Topik Barisan dan Deret Aritmatika yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Bulletin of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 21–25. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/bulma/article/view/871

Sinaga, S. J. F., Ananda, R., & Ricky, Z. (2022). Model Pembelajaran Matematik Berbasis Discovery Learning dan Direct Instruction. Widina Bhakti Persada Bandung.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2014). metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana Media Grup.

Yadrika, G., Roza, Y., & Murni, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning Berorientasi pada Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 197.
Published
2024-03-31
How to Cite
Harahap, K., Anggraini, R., & Armis, A. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMA/MA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 701-713. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2098
Share |

Most read articles by the same author(s)