Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Articulate Storyline 3 Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media elektronik berbasis android dengan menggunakan Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya materi perbandingan trigonometri siswa kelas X-1. Metode tersebut berpedoman pada model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, dan penilaian. Data dikumpulkan dengan menggunakan berbagai metode seperti observasi siswa, wawancara, lembar validasi angket, dan tes hasil belajar. Ahli materi dan ahli media dilibatkan dalam proses validasi media untuk menilai kelayakannya untuk digunakan di kelas 21 siswa di sebuah sekolah menengah. Hasil proses validasi menunjukkan bahwa media sangat layak dengan skor validasi 92% dan 94,5% dari ahli materi dan ahli media. Data penelitian berdistribusi normal dengan signifikansi pretest 0,111 dan signifikansi posttest 0,097. Analisis keefektifan data menggunakan uji-t sampel berpasangan, yang menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel, dengan nilai masing-masing 29.000 dan 2.085. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Articulate Storyline 3 merupakan media yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta.
Downloads
References
Anggraini, A. A. D., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Huruf Dan Angka Dengan Model ADDIE. Education and Development, 9(4), 426–432.
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Fatia, I., & Ariani, Y. (2020). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 503–511.
Hima, L. R. (2019). Pengembangan MILEA ( Media Pembelajaran Interaktif Matematika Menggunakan Software Lectora Inspire ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 3, 134–139.
Ishartono, N., Nurcahyo, A., & ... (2021). Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Guru Matematika Sma Muhammadiyah Se-Kabupaten Klaten …. KOMMAS: Jurnal …, 2017, 44–54. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kommas/article/view/11120%0Ahttp://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kommas/article/viewFile/11120/7605
Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.
Kamila, Z., & Kowiyah, K. (2022). Pengembangan Media PembelajarankInteraktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 72–83. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1663
Meirani, & Rossa, A. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Economic Edu, 1(2), 138–146. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/ecoedu/article/view/1360/1056
Menrisal, Radyuli, P., & Wulandari, Putri, N. (2019). Perancangan Dan Pembuatan Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 6(2), 38–64.
Nuraini, I., Sutama, S., & Narimo, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Ispring Suite 8 Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 31(2), 62–71. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10220
Nurfaidawati. (2021). Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Makassar. 1(2), 1–9.
Sagala, S. (2013). Etika dan Moralitas Pendidikan. Kencana Prenadamedia Group.
Saputro, P. A., & Lumbantoruan, J. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 1(1), 35–49. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v1i1.2453
Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika : Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Graha Ilmu.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262
Wijayanti, S., & Sungkono, J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembeajaran Mengacu Model Creative Problem Solving Berbasis Somatic, Auditory, 96 Visualization, Intellectually. Jurnal Al-Jabar Pendidikan Matematika, 8(2), 101–110.
Copyright (c) 2024 Rahayu Maylani, Sumardi Sumardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.