Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Matematika Ular Tangga untuk Siswa Tunarungu

  • Dilla Safera Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rusydi Ananda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Media Pembelajaran, Board Game Matematika Ular Tangga, Bangun Datar Segiempat dan Segitiga

Abstract

Media pembelajaran merupakan bagian terpenting untuk mendukung tujuan kegiatan pembelajaran. Guru diharuskan untuk memanfaatkan media pembelajaran sebagai penyelenggara kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk yang valid, praktis, dan efektif berupa media pembelajaran board game matematika ular tangga pada materi bangun datar segiempat dan segitiga untuk siswa tunarungu. Riset yang digunakan yakni riset pengembangan dengan menggunakan model riset ADDIE. Hasil penilaian validator ahli media diperoleh 94,7% dengan kriteria sangat valid. Hasil penilaian validator ahli materi diperoleh 75,7% dengan kriteria valid, sedangkan hasil penilaian praktisi materi pembelajaran diperoleh 74,2% dengan kriteria valid. Uji coba skala kecil oleh 11 orang siswa dengan uji kepraktisan media diperoleh 94,7% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini dibuktikan dari meningkatnya nilai pretest 38,18 menjadi 81,82 untuk nilai post-test; hasil uji normalized gain 0,6 dengan kriteria sedang dan 68,10% dengan kriteria cukup efektif. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran memenuhi standar valid, praktis, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alqraini, F. (2018). Identifying Similarities and Differences on How Deaf and Hard of Hearing Students Learn New Vocabulary Knowledge. International Journal of Intruction, 11(4), 61–74. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1145a

Andrianto, S., Firman, & Desyandri. (2021). Pengembangan Media Ular Tangga Pintar Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 07 Koto Panai Air Haji. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 50–53. https://doi.org/10.30653/003.202171.153

Aziz, L. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SDN 24 Cakranegara. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 6(2), 96–103. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1689

Dewi, B. K., Azzahra, R. M. A., Nur, A. Q., & Marini, A. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 07 Pagi Kecamatan Duren Sawit. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6), 867–878.

Isdayanti, Wicaksono, A. T., & Rahmawati, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Worksheet Materi Asam Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa. Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal, 1(2), 74–81. https://doi.org/10.18592/ak.v1i2.6425

Istiadah, Y., & Khabibah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i1.2077

Mustika, D., Dafit, F., & Sinthya, V. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pembuatan Alat Peraga IPA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek. Saliha: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 3(1), 31–48. https://doi.org/10.54396/saliha.v3i1.35

Nanjundaswamy, C., Baskaran, S., & Leela, M. H. (2021). Digital Pedagogy For Sustainable Learning. Shanlax International Journal of Education, 9(3), 179–185. https://doi.org/10.34293/education.v9i3.3881

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Putra, N. S. C., Sulistyowati, P., & Ladamay, I. (2020). Pengembangan Aplikasi Ular Tangga Digital Pada Pembelajaran Tematik Siswa V SD Negeri Rejoso 1 Kabupaten Blitar. Jurnal Seminar Nasional PGSD Unikama, 4(1), 49–55.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Rusli, Upu, H., Djadir, & Rezky, A. (2022). Tulimatika Application on Learning Integers and Polyhedron at School For Students of Disabilities. Icsat International Proceeding, 11(5), 532–541.

Safitri, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Marketing Kompetensi Dasar Menganalisis Segmentasi Pasar Di Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2), 499–503.

Sattriawan, A., Sutiarso, S., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 950–963. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.314

Setiawati, E., Desri, & Solihatulmilah, E. (2019). Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 85–91. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.494

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, S., Yati, M., & Fadila, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis REACT Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–12. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jmathedu

Whicker, J., Munoz, K., & Nelson, L. (2019). Parent Challeges, Perspectives and Experiences Caring For Children Who Are Deaf or Hard-of-Hearing With Other Disabilities: a Comprehensive Review. International Journal of Audiology, 58(1), 5–11. https://doi.org/10.1080/14992027.2018.1534011

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., & Nurazizah, T. S. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Wungguli, D., & Yahya, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.5376

Yunarti, Y., Loviana, S., & Safaatin, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 159–170. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4459
Published
2023-07-06
How to Cite
Siregar, D., & Ananda, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Matematika Ular Tangga untuk Siswa Tunarungu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1924-1935. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2340
Share |