Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Jenis Kelamin Tipe Adversity Quotient

  • Nikmatur Rosida Universitas Terbuka
  • Sunardi Sunardi Universitas Terbuka
  • Suparti Suparti Universitas Terbuka
Keywords: kemampuan literasi numerasi, jenis kelamin, adversity quotient

Abstract

Kemampuan literasi numerasi adalah suatu kemampuan untuk menggunakan berbagai angka dan simbol yang berkaitan dengan matematika dasar bertujuan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka dapat menganalisis informasi yang mereka terima dalam bentuk grafik dan tabel untuk membuat dan menentukan keputusan dari analisis tersebut. Adversity quotient merupakan kerangka konseptual baru untuk memahami dan meningkatkan semua aspek kesuksesan, mengidentifikasi kesulitan, dan untuk meningkatkan respon ketika muncul kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa laki-laki dan perempuan kelas V berdasarkan tipe adversity quotient climber. Adapun indikator yang akan dicapai antara lain: kemampuan menggunakan simbol dalam materi grafik, tabel dan diagram, kemampuan menganalisis informasi dari grafik, tabel, dan diagram, dan kemampuan menyimpulkan hasil penyelesaian masalah. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan analisis data yang dilakukan meliputi uji validitas dan hasil wawancara dengan menggunakan formulai Aiken’s dan model Miles dan Model Huberman. Subyek penelitian adalah 9 Siswa kelas V tipe climber yang terbagi atas 3 subjek laki-laki tipe climber dan 6 subjek perempuan tipe climber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa laki-laki dengan tipe climber mempunyai kemampuan literasi numerasi yang baik, terlihat tercapainya ketiga indikator penilaian serta mereka sudah mampu memberikan penjelasan alasan dengan mengembangkan kalimatnya sendiri 2) Siswa perempuan dengan tipe climber mempunyai kemampuan literasi baca-tulis yang baik, Hal ini dikarenakan tipe climber ini merupakan tipe dimana subjek tidak pernah menyerah dan merasa puas begitu saja ketika dihadapkan dengan permasalahan yang harus diselesaikannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarisi, M. A., Sunardi, & Kurniati, D. (2015). Kecerdasan Visual-Spasialel Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Jember Ditinjau Dari Gender. Kadikma, 6(3), 142-152.

Abidin, Y. d. (2018). Pembelajaran LIterasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Adam, A. H., Dwijayanti, I., & Endahwuri, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 1 Juwana Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 213-225.

Assesment, C. (2013). A Research Report Commissioned by Cambridge Assessment. Cambridge Assesment.

Budiyanti, A. I., Sutrisno, & Prayitno, M. (2022). Kemampuan Literasi Matematis
Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Soal SPLDV Model PISA Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climbers. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 141-149.

Creswell, J. W. (2016). Educational research : planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston, MA : Pearson Education

Hidayat, W., Wahyudin, dan Prabawanto, S. (2018). The Mathematical Argumentation Ability And Adversity Quotient (AQ) Of Pre-service Mathematics Teacher. Jurnal on Mathematics Education, Vol. 9, no.2, 239-248.

Jumarniati, Baharuddin, M. R., & Firman, S. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 123-132.

Khoirudin, A., Styawati, R. D., dan Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 8, no.2, 33-42.

Limay, A. T., & Mukhtar, D. (2022). The Numerical-Literacy Skill Reviewed From Adversity Quotient On Video-Assisted Based Learning On Western Sumatera Culture. AKSIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3315-3322.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88.

Nilasari, N. T., & Anggreini, D. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Elemen, 5(2), 206-219.

Nurhikmah. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Tipe Climbers Pada Kelas X MIA SMA Negeri 1 Takalar Berdasarkan Gender. Makasar: Universitas Muhamadiyah Makasar.

Purwosetiyono, D., & Budiyanti, M. R. (2022). Kemampuan Penalaran Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Pada Siswa Tipe Adversity Quotient (AQ). Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1).

Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 153-162.

Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 657-672.

Stoltz, P. G. (2018). Mengubah Hambatan Menjadi Peluang Adversity Quotient. Jakarta: Grasindo.
Published
2023-05-03
How to Cite
Rosida, N., Sunardi, S., & Suparti, S. (2023). Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Jenis Kelamin Tipe Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1240-1253. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2374
Share |