Pengembangan Media Cerita Bergambar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Pecahan Kelas II

  • Ari Mawanto Universitas Negeri Surabaya
  • Tatag Yuli Eko Siswono Universitas Negeri Surabaya
  • Agung Lukito Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Media Cerita Bergambar, Berpikir Kreatif, Pecahan, Siswa kelas II

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena belum ada media pembelajaran yang digunakan pada kegiatan pembelajaran di sekolah khususnya materi pecahan, sumber belajar hanya menggunakan buku guru dan buku siswa, pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah sehingga terkesan masih bersifat konvensional, guru hanya memfokuskan pada hasil belajar tanpa memperhatikan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media cerita bergambar yang layak dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media cerita bergambar pada materi pecahan kelas II SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan berdasarkan tahapan-tahapan model ADDIE meliputi analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Subjek penelitian pada tahap uji coba terdiri atas 20 siswa dan tahap implementasi terdiri atas 27 siswa di SDN Lontar II Surabaya tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menghasilkan media cerita bergambar yang layak yaitu memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kemampuan berpikir kreatif siswa pada tahap uji coba mengalami kemajuan sebesar 80% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85%, sedangkan pada tahap implementasi kemampuan berpikir kreatif mengalami kemajuan sebesar 85% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,89%. Dengan demikian, media cerita bergambar ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pecahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiani, K. D. A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD pada Materi Sudut. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol. 1 No.1.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. New York: Springer Science adnd Business Media.

Mahmudi, A. (2009). Mengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Topik Pecahan. Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran Dan Terapannya dengan tema Kontribusi Aljabar dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Penelitian dan Pembelajaran Matematika untuk Mencapai World Class University yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendi.

Maulida, N. (2018). Pengembangan bahan bacaan cerita bergambar berorientasi pendidikan karakter untuk pembelajaran membaca siswa kelas II SD. 6(1), 12–21.

Nieveen, N., & et.al. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Kluwer Academic Publishers.

Ozsezer, M. S. B., & Canbazoglu, H. B. (2018). Picture in Children’s Story Books: Children’s Perspective. International Journal of Educational Methodology, 4(4), 205–217. https://doi.org/10.12973/ijem.4.4.205

Pehkonen, E. (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity. ZDM, 29. Diambil dari http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm

Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah.

Siswono, T. Y. E., & Rosyidi, A. H. (2005). Menilai Kreativitas Siswa dalam Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika “Peranan Matematika dan terapannya dalam meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Indonesia” di jurusan matematika FMIPA Unesa, 28 Pebruari 2005.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Published
2020-06-08
How to Cite
Mawanto, A., Siswono, T., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Pecahan Kelas II. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 424 - 437. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.243
Share |