Pengembangan Multimedia Lectora Inspire untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang

  • M. Zaenal Muttaqin Universitas Negeri Surabaya
  • Tatag Yuli Eko Siswono Universitas Negeri Surabaya
  • Agung Lukito Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pengembangan Multimedia, Lectora Inspire, Berpikir Kritis, Soal Cerita Bangun Ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan multimedia lectora inspire yang valid, praktis, dan efektif pada materi bangun ruang di kelas V sekolah dasar, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang kelas V dengan menggunakan multimedia lectora inspire. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas lima SDN Wonokusumo VI/45 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model DDDE yaitu decide, design, develop, dan evaluate. Multimedia lectora inspire telah melalui uji validasi dari aspek media mencapai persentase 82.50%.  dengan kategori baik dan dari aspek materi mencapai persentase 80.64% dengan kategori baik. Media juga telah melalui uji kepraktisan yang mencapai kategori baik. Sedangkan berdasarkan tes berpikir kritis menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran multimedia efektif dalam meningkatkan berpikir kritis siswa. Hal ini didasarkan pada hasil implementasi bidang tes yang mengalami kemajuan sebesar 85% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88.89% yang berarti pengaruh signifikan terhadap berpikir kritis pada pembelajaran siswa menggunakan multimedia lectora inspire.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Facione, Peter A. (1990). Critical Thinking; A Statement of Expert Concensus for Purpose of Educational Assessment and Instruction. American Philosophical Association, Newark, Del.

Haryani, Desti. (2012). Membentuk Siswa Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Seminar asional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Ivers, Karen S dan Barron Ann E. 2002. Multimedia Project In Education: Designing, Producing and Assessing. United States of America: Libraries Unlimited

Jonassen, David. (2004). Designing Constructivist Learning Environments. Pennsylvania: Pennsylvania State University.

Munir. (2013). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Priyanto, Arif. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan. Jember : Artikel Ilmiah Mahasiswa I (1) : 1-5.

Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supatmo and Anik Ghufron, (2019), Developing Learning Multimedia to Improve Critical Thinking in Mathematics at Class V of Elementary School. International Conference on Meaningful Education, KnE Social Sciences, pages 17–26. DOI 10.18502/kss.v3i17.4619.

Wahyudin. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. Jurnal Universitas Muhammadiyah Makassar Vol. 9 No. 2 (Nopember) 2016, Hal. 148-160.
Published
2020-06-25
How to Cite
Muttaqin, M., Siswono, T., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Multimedia Lectora Inspire untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 495-511. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.259
Share |