Pemahaman Konsep Matematis Bangun Datar Melalui Model Teams Game Tournament Berbantuan Roda Bangun Data
Abstract
Proses pembelajaran yang belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif, guru masih kesulitan dalam mengajarkan matematika, dan guru masih mendominasi proses pembelajaran dengan menerapkan metode ceramah. Sehingga siswa cenderung pasif, tidak memperhatikan penjelasan guru. Hal tersebut dibuktikan dari hasil prasiklus yang memperoleh 57,79 dengan kategori perlu bimbingan pada kemampuan pemahaman konsep matematis. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Perancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 5 Jekulo dengan subjek penelitian 29 siswa. Peneliti melaksanakan 2 siklus masing–masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis dataang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu: dengan menerapkan model pembelajaran teams game tournament berbantuan roda bangun datar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman kosep matematis siswa. Model pembelajaran TGT berbantuan roda bangun datar dapat melibatkan siswa secara aktif mengikuti pembelajaran, menuntut siswa untuk berpikir secara kritis, menyampaikan pendapatnya, menggali pengetahuan yang dimiliki dan dapat belajar sambil bermain sehingga pembelajaran lebih menyenangkan bagi siswa
Downloads
References
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajagrafindo.
Astriana, M., Murdani, E., & Mariyam, M. (2017). Enerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Operasi Bilangan Pecahan. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1). https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i1.206
Aulia, N. I., & Handayani, H. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Mellaui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt). JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(3), 116. https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i3.1475
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Kurniadewi, N. (2019). Penggunaan Media Roda Putar Puzzle Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Sekolah Dasar. Jurnal TEKNODIK, 23(1).
Lestari, K.A., dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Mukrimatin, N. A. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).
Murtono. (2017). Merancang dan Mengelola Model-Model Pembelajaran Inovatif (Student Center Learning). Wade Group.
Mustangin. (2015). Representasi Konsep dan Peranannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–21.
Nugraheni, N. (2017). Implementasi Permainan Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Journal of Medives, 1(2).
Nugroho, U., Hartono, & Edi, S. . (2009). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.15294/jpfi.v5i2.1019
Purnomo, Y. (2016). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1). https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897
Rahman, A., Sutarman, A., Matematika, J., & Makassar, U. N. (2018). Efektifitas Media Roda Bangun Datar dengan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write. Issues in Mathematics Education, 2(1), 35–42.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz Media.
Sulfemi, W. B., & Setianingsih. (2018). Penggunaan Tames Games Tournament (Tgt) Dengan Media Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal Of Komodo Science Education, 01(01), 1–14. https://doi.org/10.5281/ZENODO.2538214
Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Ulya, H., & Ardianti, D. D. (2019). Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Permainan Balap Egrang di SD 4 Karangbener Kudus. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.22437/jkam.v3i2.8559
Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. D. (2018). Pengaruh Modul E-Jas Edutainment terhadap Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 70–79. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p70-79
Copyright (c) 2020 Indri Apriliyani Adha, Henry Suryo Bintoro, Savitri Wanabuliandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.