Perbandingan Media Evaluasi Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Kahoot pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Mamuju
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Mamuju dengan menggunakan aplikasi Quizizz dan Kahoot sebagai alat evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan melibatkan tes soal pilihan ganda dan isian singkat. Data dianalisis dengan metode statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar matematika siswa antara penggunaan aplikasi Quizizz dan Kahoot sebagai media evaluasi pembelajaran. Meskipun hasil penelitian ini tidak menunjukkan perbedaan di antara kedua aplikasi yang digunakan, tetapi kedua aplikasi tersebut menunjukkan dampak baik terhadap peningkatan hasil belajar matematika para siswa. Implikasi temuan ini bagi calon guru maupun guru dapat dijadikan rujukan dalam memilih dan menggunakan instrumen evaluasi pembelajaran dalam proses evaluasi sekolah.
Downloads
References
Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–11.
Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(2), 155–162. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677
Dewi, B. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Alat Evaluasi pada Kegiatan Penutup Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. 4(1).
Diana, S. A., & Yatri, I. (2021). Perbandingan Penggunaan Aplikasi Whatsapp Group dan Google Classroom terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. 5(5), 3892–3901.
Fedora, A., Fitria, N. N. A., Khasanah, K., Fadilah, R. E., Mahardika, I. K., & Yusmar, F. (2023). Inovasi Pendidikan Sebagai Solusi Permasalahan Pendidikan. FKIP E-PROCEEDING, 6–11. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/37103
Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gender “The Effect of Problem Solving Learning Model Toward Mathematical Communication Ability Viewed from Gender.” 4(2), 219–228.
Irwansyah, R., & Izzati, M. (2021). Implementing Quizizz as Game Based Learning and Assessment in the English Classroom. TEFLA Journal (Teaching English as Foreign Language and Applied Linguistic Journal), 3(1), 13–18.
Magdalena, I., Fauzi, H. N., Putri, R., & Tangerang, U. M. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2, 244–257. https://doi.org/10.36088/bintang.v2i2.986
Magdalena, I., Ridwanita, A., & Aulia, B. (2020). Evaluasi Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(1), 117–127.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Pendidikan Hayati, 6(2), 1–7. https://doi.org/10.33654/jph.v1i1.927
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Yu, Z. (2021). A meta-analysis of the effect of Kahoot! on academic achievements and student performance. Research Square.
Copyright (c) 2024 Ahmad Fathan, Suharti Suharti, Andi Hasrianti, Nur Yuliany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.