Implementasi Permainan Tic-Tac-Toe sebagai Konteks Pembelajaran Matematika pada Materi Keliling Bangun Datar dalam Menanamkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar

  • Alfida Mukti Utami Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Ratna Adelia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Irna Kurniawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Erna Damayanti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Tio Deny Damara Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Puri Pramudiani Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Keywords: Geoboard, Keliling, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Permainan Tic-Tac-Toe

Abstract

Matematika sangat berperan penting bagi kehidupan. Dengan begitu peserta didik memerlukan pembelajaran matematika di sekolah sebagai bekal kehidupan peserta didik. Namun, permasalahan terkait rendahnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematis berdampak bagi pemahaman peserta didik dalam materi matematika. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menanamkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi keliling bangun datar melalui permainan Tic-Tac-Toe yang diadaptasi dari papan geoboard dengan berdasarkan pada pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Lokasi penelitian ini terletak di salah satu sekolah dasar negeri di Jakarta Timur dengan subjek penelitian sebanyak 29 peserta didik kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa permainan Tic-Tac-Toe dapat membantu peserta didik dalam memecahkan masalah yaitu menentukan keliling bangun datar serta peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Media permainan Tic-Tac-Toe dapat dijadikan salah satu konteks dalam mengajarkan konsep keliling bangun datar kepada peserta didik sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Arifa, L. N. (2022). Penggunaan Permainan Tic Tac Toe dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PAI UIN Malang. 1, 32–40.

Christopher, A., Pratama, E., & Hakim, L. (2020). Penerapan Algoritma Minimax Terhadap Permainan Tic-Tac-Toe Dengan Menggunakan Artificial Intelligence. Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, 2020(9), 2657–1501. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/article/view/941

Dewi, R., Ilma, R., Putri, I., & Hartono, Y. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis PMRI Materi Jajargenjang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 78–83. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano

Dolhasair, G., Istiyati, S., & Karsono, K. (2017). Penggunaan Media Geoboard (Papan Berpaku) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 5(3), 111–118.

Nugrahani (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books. Pusat Bahasa Depatemen Pendidikan Nasional.

Febryana, E., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasarkan Teori Newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 15–27. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.6586

Fitra, D. (2018). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.35141/jie.v1i1.27

Ja’far, M., Sunardi, & K, A. I. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis
Karakter Konsisten dan Teliti Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Bab Kesebangunan dan Kekongruenan Bangun Datar Kelas IX SMP. Jurnal Edukasi UNEJ, 1(3), 29–35.

Jannah, R. (2023). Pengembangan Permainan Tic Tac Toe Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas 2 SD Negeri 1 Lembang Cina Kabupaten Bantaeng.

Lestariningsih, L., Amin, S. M., Lukito, A., & Lutfianto, M. (2018). Exploring mathematization underpinnings of prospective mathematics teachers in solving mathematics problems. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(2), 167–176. https://doi.org/10.20414/betajtm.v11i2.214

Lestariningsih, L., & Trismawati, A. (2020). Penerapan Pendekatan PMRI Pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 117. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10078

Lindawati, N. P. (2019). Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Flash Card. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 2(2), 59. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40

Lintang, A. C., Masrukan, & Wardani, S. (2017). PBL dengan APM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Percaya Diri. Jpe, 6(1), 27–34. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe

Marlinda, I., & Wijaya, A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berorientasi pada minat dan prestasi. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 76–87. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21171

Maryamah, I., Anriani, N., & Fathurrohman, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar
Materi Pythagoras yang Berorientasi pada Kompetensi Abad 21 untuk Guru SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 67–77. https://doi.org/10.35706/sjme.v3i1.1490

Rosdiana, L., & Purnomo, A. R. (2020). Keefektifan Permainan Tic Tac Toe Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Pensa E-Jurnal : Pendidiikan Sains, 8(2), 104–109.

Saputro, G. S., & Khusna, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2523–2531. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.878

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Warsito. (2016). Permainan matematika monopoli tic tac toe yang efektif. 1–10.

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teacher (Doctoral disertation, University of Twente, Enschede). Thesis University of Twente, Enschede. - With Refs. - With Summary in Ducth ISBN 90 365 18 45 8, 1–218. https://repository.unsri.ac.id/6353/%0Ahttps://repository.unsri.ac.id/6353/1/thesis_Zulkardi.pdf
Published
2024-01-31
How to Cite
Utami, A., Adelia, R., Kurniawati, I., Damayanti, E., Damara, T., & Pramudiani, P. (2024). Implementasi Permainan Tic-Tac-Toe sebagai Konteks Pembelajaran Matematika pada Materi Keliling Bangun Datar dalam Menanamkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 180-188. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3036
Share |