Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data

  • Evi Fazzilah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Analisis Kesalahan, PISA, Uncertainty and Data

Abstract

Pentingnya literasi dan rendahnya peringkat siswa Indonesia pada hasil PISA yang disebabkan banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten Uncertainty and Data. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dari 20 siswa kelas VIII MIPA 2 di salah satu SMP Negeri yang terletak di kecamatan Telukjambe Timur Tahun Ajaran 2019/2020 diambil 4 siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan penelitian berupa tes. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian adalah: (1) kesalahan memahami masalah sebanyak 15%, karena kurang teliti dalam memahami masalah (2) kesalahan transformasi sebanyak 55%, karena salah menentukan rumus (3) kesalahan keterampilan proses sebanyak 35%, dan (4) kesalahan penentuan jawaban akhir sebanyak 50%, karena menuliskan kesimpulan tetapi tidak tepat. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh jenis kesalahan yang lebih banyak dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten Uncertainty and Data adalah transformasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Effendi, K. N. S., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Yaniawati, P. (2018). Analisis penerapan gerakan literasi sekolah dan konteks permainan futsal dalam pembelajaran matematika. Ed-Humanistics.

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Tahapan Newman beserta Bentuk Scaffolding yang diberikan. Kadikma.

Fatimah, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas Viii Smp Negeri 1 Sambi Boyolali.

Husna, I. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Soal Matematika Model PISA Konten Uncertainty and Data. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Johar, R. (2012). Domain Soal Pisa Untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30.

Laeli, H. (2017). Deskripsi Kesalahan Siswa Kelas VII SMP N Kebasem Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat. Skripsi, 6–24.

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma.

Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mubarok, Hidayanto, E., & As’ari, A. R. (2017). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Proseding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajaran 2017.

Nugrahani, A. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Berdasarkan Tahapan Newman Pada Siswa Kelas Vii A Smpkristen Satya Wacana Salatiga.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework.

Paladang, K. K., Indriani, S., & Dirgantoro, K. P. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SLH Medan Dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Fungsi Ditinjau Dari Prosedur Newman. Journal of Holistic Mathematics Education.

Setiawan, R. 2019. juli 8, “PISA jadi standar internasional pendidikan di Indonesia” tersedia di https://tirto.id/mendikbud-pisa-jadi-standar-internasional-pendidikan-di-indonesia-edSa, Diakses tanggal 23 November 2019.

Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual pada materi segiempat berdasarkan analisis Newman ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sumargiyani, Yusnia, I., & Adibah, Y. (2020). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan Teori Newman. AdMathEdu, 9(2).
Published
2020-11-03
How to Cite
Fazzilah, E., Effendi, K., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034-1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306
Share |