Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

  • Andri Sattriawan Universitas Lampung
  • Sugeng Sutiarso Universitas Lampung
Keywords: Media pembelajaran interaktif terintegrasi soft skills, kemampuan pemecahan masalah siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif yang terintegrasi soft skills untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pegembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian pada tahapan implementasi adalah siswa kelas V SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019-2020. Data penelitian dipeoleh dari observasi, wawancara, angket respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat valid dengan skor dari validasi ahli materi sebesar 81% dan validasi ahli media sebesar 84%. Media pembelajaran ini juga dinyatakan praktis sebagaimana hasil uji praktisi mendapatkan skor sebesar 86% dan uji coba siswa sebesar 88%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alex, K. (2014). Soft Skill Know Yourself And Know The Word. Rajendra Ravindra.

Căprioară, D. (2015). Problem Solving - Purpose and Means of Learning Mathematics in School. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.332

Chamorro-Premuzic, T., Arteche, A., Bremner, A. J., Greven, C., & Furnham, A. (2010). Soft skills in higher education: Importance and improvement ratings as a function of individual differences and academic performance. Educational Psychology. https://doi.org/10.1080/01443410903560278

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Refika Aditama.

Hidayati, W.S., & A. (2015). Integrasi Soft Skills dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran STKIP PGRI Jombang, 1(1), 51–56.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics Overview. Journal of Equine Veterinary Science.

Nursit, I. (2016). Pengembangan multimedia interaktif berbasis power point (macro-enabled) pada mata kuliah geometri euclid dalam pembelajaran matematika. Media Pendidikan Matematika.

Rohendi, D. (2012). Developing E-Learning Based on Animation Content for Improving Mathematical Connection Abilities in High School Students. IJCSI International Journal of Computer Science Issues, 9.

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. In Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Suminta. (2016). Ektivitas Model Pembelajaran Open Ended Dengan Media Power Poin Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Kubus Dan Balok. Jurnal E-DuMath, 2(1), 28–37.

Suprapti, E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media Powerpoint Ispring pada Materi Jajargenjang, Layang-Layang dan Trapesium di Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.98
Published
2020-10-22
How to Cite
Sattriawan, A., & Sutiarso, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 950-963. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.314
Share |