Pengembangan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa

  • Ayu Devita Sari Universitas Lampung
  • Sri Hastuti Universitas Lampung
  • Asmiati Asmiati Universitas Lampung
Keywords: Creative Problem Solving (CPS), Reflektif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Creative Problem Solving berupa buku model  dan perangkat pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir reflektif siswa. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan atau R&D ( reseacrch and development). Namun penelitian dibatasi sampai pada tahap uji ahli, sehingga tahapan pengembangan ini dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan pengembangan pembelajaran, validasi ahli. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru dan 2 orang dosen. Instrumen Penelitian ini berupa lembar validasi untuk ahli dan praktisi. Hasil penelitian ini adalah (1) desain model Creative Problem Solving (CPS), (2) perangkat pembelajaran berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan topik operasi SPLTV kelas X SMA  Negeri 15 Bandar Lampung semester ganjil. Adapun hasil validasi meliputi: skor penilaian desain pengembangan model sebesar 92,5% oleh ahli model dan 95% untuk ahli materi; skor Silabus sebesar 98% untuk ahli materi 1 dan 94% untuk ahli materi 2; skor RPP sebesar 97% untuk ahli materi 1 dan 95% untuk ahli materi 2; Skor LKPD sebesar 91,67% untuk ahli materi 1 dan 94,44% untuk ahli materi 2; Skor Media sebesar 95% untuk ahli media dan 94% untuk ahli materi. Hasil validasi para ahli diperoleh bahwa pengembangan model Creative Problem Solving dan perangkat pembelajaran layak digunakan dan diimplementasikan setelah memenuhi kriteria valid dan praktis. Hal ini dapat dilihat dari hasil skor penilaian validator yang memiliki kriteria valid dan kategori sangat praktis. Berdasarkan penilaian para ahli, maka secara teoritis produk pengembangan Model Creative Problem Solving (CPS)  dapat digunakan untuk meningkatkan Keteramplilan berpikir reflektif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aris, S. (2014).68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Bennett, N., Borg, W. R., & Gall, M. D. (1984). Educational Research: An Introduction. British Journal of Educational Studies. https://doi.org/10.2307/3121583

Daties, M. (2010). Pengaruh Metode Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Gokhale, A. A. (1996). Effectiveness of Computer Simulation for Enhancing Higher Order Thinking. Journal of Industrial Teacher Education.

Gurol, A. (2011). Determining the reflective thinking skills of pre-service teachers in learning and teaching process. Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies.

Mayasari, P., Halim, A., & Ilyas, S. (2013). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.

Nindiasari, H., Kusumah, Y. S., Sumarmo, U., & Sabandar, J. (2014). PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMA. Edusentris. https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i1.136

Noer, S. H. (2009). Peningkatan kemampan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 5 Desember 2009.

Noer, S. H. (2010). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Rasyid, M. A. (2017). Profil Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.9849

Sabandar, J. (2013). Berpikir Reflektif. UPI.

Saminanto. (2011). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Video Compact Disk Untuk Mencapai Kompetensi Dasar Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts. Jurnal PHENOMENON.
Published
2020-11-07
How to Cite
Sari, A., Hastuti, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1115-1128. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.318
Share |