Pengembangan Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa

  • Esty Pramitasari Ambarwati Universitas Lampung
  • Sugeng Sutiarso Universitas Lampung
  • Sri Hastuti Noer Universitas Lampung
Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Representasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa desain pengembangan pembelajaran kontekstual beserta perangkat pembelajaran (silabus, RPP, LKPD, dan tes kemampuan representasi matematis) yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Tahapan R&D dimulai dari research and information-collecting, planning, develop preliminary of product. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Huda Jatiagung Lampung Selatan pada semester ganjil Tahun pelajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini terdiri 2 ahli (desain, materi, dan media) uji validasi, 2 guru dan 5 siswa uji praktisi (respon), serta 14 siswa uji analisis tes kemampuan representasi matematis. Data penelitian diperoleh dari wawancara, angket validasi ahli, angket praktisi guru dan siswa, serta tes kemampuan representasi matematis siswa. Pengembangan pembelajaran kontekstual beserta perangkat pembelajaran telah valid menurut ahli, dan praktis menurut guru serta siswa. Hasil uji validasi ahli terhadap produk pengembangan mendapatkan skor rerata 85,30% dengan kriteria valid, dan hasil uji praktisi guru terhadap perangkat pembelajaran mendapatkan skor rerata 82,25% dengan kriteria praktis, serta hasil skor rerata penilaian siswa terhadap LKPD adalah 79,80% dengan kriteria praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). In Bandung: yrama widya.

Fadillah, S. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis, dan Self Esteem Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. In Disertasi tidak diterbitkan. Jakarta.

Hartono, R. (2013). Ragam model mengajar yang mudah diterima murid. Diva Press.

Hudiono, B. (2005). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Representasi pada Siswa SLTP. In Disertasi PPS UPI: Tidak diterbitkan.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity Journal, 2(1), 85–99.

Kartini, K. (2009). Peranan representasi dalam pembelajaran matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Muslich, M. (2008). KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dasar pemahaman dan pengembangan: pedoman bagi pengelola lembaga pendidikan, pengawas sekolah, kepala sekolah, komite sekolah, dewan sekolah, dan guru. Bumi Aksara.

Neria, D., & Amit, M. (2004). Students Preference of Non-Algebraic Representations in Mathematical Communications. International Group for the Psychology of Mathematics Education.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendekatan. In Bandung: Rosdakarya.

Syaiful, S. (2013). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. In Bandung: Alfabeta.

Trisnowali, A. (2015). Profil disposisi matematis siswa pemenang olimpiade pada tingkat provinsi Sulawesi Selatan. Journal of EST, 1(3), 47–57.
Published
2020-11-02
How to Cite
Ambarwati, E., Sutiarso, S., & Noer, S. (2020). Pengembangan Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1011-1022. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.343
Share |