Permainan Pangkak Igik Karet Sebagai Media Berhitung

  • Yopa Yopa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Devi Narasiska Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Nadia Nadia Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Yudi Yunika Putra Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
Keywords: Berhitung, Media, Pangkak Igik Karet

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat ini adalah kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika sehingga kemampuan berhitung siswa cenderung lemah. Oleh karena itu, penulisan ini perlu dilakukan untuk dijadikan bahan dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa melalui media berhitung yang di dalamnya terdapat permainan.  Tujuan dari penelitian ini adalah  menggambarkan peran permainan pangkak igik karet sebagai media berhitung. Tetapi dalam kajian literatur ini tidak didapatkan data tentang permainan pangkak igik karet sehingga menggunakan data penelitian tentang permainan sebagai media berhitung. Tinjauan literatur (literature review) dipilih sebagai metode dalam penelitian ini dengan prosedur systematic review. Pengumpulan data berupa data sekunder berupa hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam Online Journal System (OJS) dan buku yang relevan dengan kajian dengan jumlah 37 referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) permainan pangkak igik karet dapat diasumsikan sebagai media belajar untuk membangun konsep berhitung siswa, (2) bagi siswa yang sudah mengenal konsep berhitung, permainan pangkak igik karet dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa, (3) permainan pangkak igik karet menyediakan lingkungan belajar yang menyenangkan yang dapat memotivasi siswa, dan (4) permainan pangkak igik karet sebagai media pembelajaran  dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa sehingga efektif diterapkan pada mata pelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusti, F. A., Zafirah, A., Anwar, F., & Syafril, S. (2018). The Implantation of Character
Values toward Students through Congklak Game. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 133–141. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/13947

Agustin, M. D. A. (2019). Proses Berfikir Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah
Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Keirsey. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 29. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v2i2.1967

Arista, L. O., Handayanto, A., & Damayani, A. T. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran
Numbered-Head Together Berbantu Media Permainan Tradisional Engklek Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III SDN Bendungan Semarang. Jurnal Guru Kita (JGK), 2(3), 47–56. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Fadlillah, M. (2016). Pengembangan Permainan Monraked Sebagai Media untuk Mestimulasi
Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 9–23. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/579.

Fahmi, F. K. (2016). Pengembangan Media Games Education dalam Pembelajaran
Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 01(02), 215–226. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/download/1189/1075
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara,
1(4), 104–117. https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf

Handayani, K. D., Dantes, N., & Lasmawan, W. (2013). Penerapan Permainan Tradisional
Meong-Meongan Untuk Perkembangan Sikap Sosial Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Astiti Dharma Penatih Denpasar. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan

Ganesha, 3(2013), 1–8. https://www.neliti.com/id/publications/119212/penerapan-permainan-tradisional-meong-meongan-untuk-perkembangan-sikap-sosial-an

Hariastuti, R. M. (2017). Permainan Tebak-tebak Buah Manggis: Sebuah Inovasi
Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 25–35. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/776/604

Hasanah, N. I., & Pratiwi, H. (2016). Pengembangan Anak Melalui Permainan Tradisional.
Aswaja Pressindo.

Indrawati, D., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan Media Travel Game Untuk
Pembelajaran Perkalian Dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika Sd Kelas V. Jurnal Prima Edukasi, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2631

Iswinarti. (2010). Nilai-nilai Terapiutik Permainan Tradisional Engklek Untuk Anak Usia
Sekolah Dasar. Naskah Publikasi. Penelitian Dasar Keilmuwan. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Juita, R. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Menakar Air
di TK Aisyiyah Koto Kaciak Maninjau. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–9. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1656/1426.

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How Does Realistic
Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578. https://doi.org/10.12973/ejmste/76959

Lestari, W., & Siregar, N. (2017). Peranan Permainan Tradisional Engklek Dalam
Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Hamparan Perak. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(3), 305–311. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/9253

Masyhur, F. (2017). Penelitian e-Government di Indonesia: Studi Literatur Sistematis dari
Perspektif Dimensi Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI). JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 19(1), 51–62. https://www.neliti.com/id/publications/228118/penelitian-e-government-di-indonesia-studi-literatur-sistematis-dari-perspektif

Miswara, A., Joko, W., & Nia, L. A. (2018). Pengaruh Permainan Congklak Terhadap
Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-6 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan 02 Malang. Nursing News, 3(1), 697–706. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/841/654

Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia
Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool (Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11–28. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/article/view/8172.

Mulyani, N. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. DIVA Press.

Mulyatna, F., Arfatin, N., & Seruni. (2020). Pembelajaran Matematika SD / MI yang Inovatif
Melalui Permainan. Jurnal Pengabdian Community, 2(2), 52–58. https://community.ejournal.unsri.ac.id/index.php/community/ article/ view/27/18

Muzdalipah, I., & Yulianto, E. (2015). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika
untuk Siswa SD Berbasis Aktivitas Budaya dan Permainan Tradisional Masyarakat Kampung Naga. Jurnal Siliwangi, 1(1), 63–74. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jspendidikan/article/view/18/20.

Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional
Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343–358. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/3536.

Novianti, R. (2015). Pengembangan Permainan Roda Putar untuk Meningkatkan Kemampuan
Berhitung Angka Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Educhild, 4(1), 56–63. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/2803/2736.

Pane, A., & Muhammad. D. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu
Keislaman, 3(2), 333–352. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/download/945/795.

Prasetya, Y. E., & Siti, K. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu Kwartet Dalam
Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Segitiga Dan Segiempat. MATHEdunesa, 5(1), 95–101. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/16673/15144.

Rahmatin, R. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu Umath (Uno Mathematics)
Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Operasi Bilangan Bulat. MATHEdunesa, 5(1), 67–73. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/16667/15138.

Rinda, Robingatin, & Wildan, S. (2010). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui
Permainan Tradisional Dakon di Raudhatul Athfal Al Kamal 1 Palaran Samarinda. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(1), 1-14. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/108472/103492

Rizal, A., & Hernawati, K. (2017). Pengembangan Game Edukasi Matematika Dengan
Pendekatan Guided Discovery Untuk Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 1–8. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pmath/article/download/6660/6423.

Rukiah, H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Siswa pada Pembelajaran
Matematika dengan Menggunakan Permainan Kartu di Kelas II SDN Habau Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 4(2), 9–20. https://rumahjurnal.net/index.php/ptp/article/view/478.

Sakarti, H. (2018). Hubungan Kecemasan dan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan
Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains (JPIS), 7(1), 28–41. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/766/685.
Sari, C. K., Muslihatun, A., Cahyaningtyas, L., Khaimmudin, R. N. L. H., Fijatullah, R. N., &

Nisa’, E. U. (2019). Pemanfaatan Permainan Tradisional untuk Media Pembelajaran: Congklak Bilangan sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 14–22. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.915

Sholihah, I., & Nur, I. S. R. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Ular Naga Modifikasi
Terhadap Aspek Perkembangan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Mahasiswa Unesa, 8(1), 1–7. https://jurnal mahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/28500/26078

Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan
Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/427/362

Susanti, F., Siswati, & Prasetyo, B. W. (2010). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap
Kompetensi Interpersonal dengan Teman Sebaya pada Siswa SD (Studi Eksperimental pada Siswa Kelas 3 SDN Srondol Wetan 05-08). Jurnal Psikologi, 8(2), 145–155. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2959/2645

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya.
Kencana Prenada Media Group.

Widiyahti, U. N., Suprapto, E., & Adamura, F. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran
Matematika Berkarakter Melalui Permainan Edukatif Matcindo Sebagai Learning Exercise Bagi Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 59. https://10.25273/jipm.v4i1.839.

Ulya, H. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Media dalam Pembelajaran Matematika.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Semnasdik FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 371-376. https://repository.ummetro.ac.id /files/semnasdik/967b29a8033b7621321b15c78166e74a.pdf
Published
2021-02-19
How to Cite
Yopa, Y., Narasiska, D., Nadia, N., & Putra, Y. (2021). Permainan Pangkak Igik Karet Sebagai Media Berhitung. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 148-163. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.400
Share |