ANALISIS INSTRUMEN TES AKHIR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA UNTUK SISWA SMP PADA MATERI FUNGSI DAN RELASI

  • Rena Revita UIN Suska Riau
  • Annisah Kurniati UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Lies Andriani UIN SUSKA RIAU
Keywords: Instrumen, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas instrumen tes akhir kemampuan komunikasi matematika siswa SMP pada materi fungsi dan relasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sedangkan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode pengumpulan data lapangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah informasi berupa validitas soal, reliabilitas soal, daya beda, dan tingkat kesukaran pada soal. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, untuk validitas soal diperoleh kesimpulan bahwa dari 6 soal uraian yang akan diujikan dinyatakan valid, dengan memperoleh nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu sebesar 1,330. Sedangkan untuk reliabilitas, diperoleh hasil bahwa soal yang akan diujikan tersebut reliabel dengan memperoleh nilai reliabilitas sebesar r11= 0, 707563. Jika dibandingkan dengan nilai r tabel product moment pada taraf signifikan 5% yaitu 0,444, maka dapat disimpulkan bahwa soal yang akan diujikan reliabel untuk dijadikan alat pengumpul data. Berdasarkan hasil analisis tingkat kesukaran, terdapat 4 buah soal dengan tingkat kesukaran sedang dan dua soal dengan tingkat kesukaran mudah. Sedangkan untuk daya beda, berdasarkan hasil analisis daya beda, terdapat 5 soal dengan daya beda baik dan satu soal dengan daya beda cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Hamzah. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta:PT. Rajagrafindo Persada.
Mardapi, J. (2008). Teknik penyusunan instrument tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.
Firdaus. 2005. Meningkatkan kemampuan komunikasi Matematik Siswa Melalui Pembelajaran dalam Kelompok Kecil tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pengekatan Bebasis Masalah, (Tesis PPS UPI Bandung), h.4.
Fitzpatrick, J.L., Sander, J.R., & Worthen, B.L. (2011). Program evaluation: alternative approaches and pratical guidelines. Boston: Pesron.
Halmaheri. 2004. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa sltp Melalui Strategi Think-Talk-Write Dalam Kelompok Kecil, (Tesis PPS UPI Bandung, Tidak Diterbitkan, 2004).
Hartono. 2011. Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Nusa Media.
_______. 2010. Analisis Item Instrumen. Pekanbaru:Zanafa Publishing.
Hood, S., & Hopson. R.K. (2008). Evaluation roots reconsidered: Asa Hilliard, a fallen hero in the “Nobody Knows My Name” project, and African Educational Exellence. Review of Education Research,h. 410-426
Karunia Eka Lestari dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:PT. Refika Aditama.
Risnawati. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru:Suska Press.
Saifuddin Azwar. (2013). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Stufflebeam D. L. & Skinfield A.J (1984). Sistematic Evaluation. United States of America: Kluwer Nijhoff Publishing
Tika Dwi Rahayu, Bambang Hari Purnomo, Sudikin, 2014. Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Pada Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Bentuk Pilihan Ganda Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2012-2013, Jurnal Edukasi UNEJ, I(1): 39-43.
Zaenal Arifin. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Zamsir, Hasnawati. 2014. Model Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Berbasis Ujian Nasional, Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 1 Tahun 2014, Hal 99-110.
Published
2018-08-21
How to Cite
Revita, R., Kurniati, A., & Andriani, L. (2018). ANALISIS INSTRUMEN TES AKHIR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA UNTUK SISWA SMP PADA MATERI FUNGSI DAN RELASI. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 8-19. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.44
Share |