Studi Eksploratif Tentang Pemahaman Guru Terhadap Kerangka Kerja TPACK Dalam Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi di SMA Kota Jambi

  • Munajib Munajib Universitas Jambi
  • Sutrisno Sutrisno Universitas Jambi
  • Kamid Kamid Universitas Jambi
Keywords: Teknologi, Pedagogika, Pengetahuan Konten, TPACK, Matematika

Abstract

Pandemi COVID-19 seakan “memaksa” guru dan siswa untuk melakukan modernisasi dalam pembelajaran. Di zaman modernisasi seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada teknologi, terlebih di saat pandemi. Semua tingkat sekolah di Kota Jambi yang melakukan pembelajaran secara daring (online). Tak terkecuali dalam proses pembelajaran matematika di tingkat SMA. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan, maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pemahaman guru terhadap kerangka kerja TPACK yang merupakan salah satu framework yang mengintegrasikan antara pengetahuan teknologi (Technologial Knowledge), pengetahuan pedagogi (Pedagogy Knowledge), dan pengetahuan konten (Content Knowledge) dalam pembelajaran matematika selama pandemi COVID-19 di SMA Kota Jambi? Dan tujuan yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan bagaimana pemahaman guru terhadap kerangka kerja TPACK dalam pembelajaran matematika selama pandemi COVID-19 di SMA Kota Jambi. Berangkat dari fokus permasalahan dalam penelitian ini, maka pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman guru-guru matematika di SMA Kota Jambi terhadap kerangka kerja TPACK dalam pembelajaran matematika secara daring selama pandemi COVID-19 cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albi Anggito dan Johan Setiawan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Amaludin, Roni, Wa Ode, Sari Amalia, Universitas Muhammadiyah Kendari, Jalan K. H. Ahmad, Dahlan No, Kota Kendari, and Sulawesi Tenggara. 2021. “Efektivitas Media Pembelajaran E-Lumak Berbasis Moodle Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Statistik Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19.” 05(01):286–301.

Anselm Straus dan Juliet Corbin. 2013. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Conny R. Semiawan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulan. Jakarta: Grasindo.

Koehler, Matthew J., Punya Mishra, Kristen Kereluik, Tae Seob Shin, and Charles R. Graham. 2014. “The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework.” 101–11.

Malik, Moch, Al Firdaus, and Universitas Tidar. 2020. “Technological Pedagogical and Content Knowledge ( TPACK ): T He Students ’ Perspective on Writing Class.” 3(2):190–99.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi, Cetakan Ke-22. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Permatasari, Dian, Khizanaturrohmah Nur Maziyah, and Riza Nur Fadila. 2021. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Mathematical Resilience Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring.” 05(01):249–58.

Rosyid, Abdul. 2016. “Technological Pedagogical Content Knowledge : Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia Di Era Mea.” 446–54.

Sabrina, Ibnu Rafi dan Nurrita. 2019. “Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ): Integrasi ICT Dalam Pembelajaran IPA Abad 21.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX (October 2017):1–14.

Sintawati, Mukti and Fitri Indriani. 2019. “Pentingnya Literasi ICT Guru Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 1(2):417–22.

Sujadi, Imam. 2018. “Peran Pembelajaran Matematika Pada Penguatan Nilai Karakter Bangsa Di Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun 18:1–13.

Sutrisno. 2011. Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: GAUNG PERSADA (GP).

Yohafrinal, Damris, Risnita. 2015. “Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru MIPA Di SMA Negeri 11 Kota Jambi.” 4(2).
Published
2021-03-11
How to Cite
Munajib, M., Sutrisno, S., & Kamid, K. (2021). Studi Eksploratif Tentang Pemahaman Guru Terhadap Kerangka Kerja TPACK Dalam Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi di SMA Kota Jambi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 411-422. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.451
Share |

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>