Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan 3D Pageflip Profesional Pada Materi Aritmetika Sosial
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi selanjutnya dinilain oleh guru mata pelajaran matematika dan kemudian diujicobakan pada kelompok kecil pada siswa kelas VII. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah bahan ajar e-book interaktif yang operasikan menggunakan software 3D PageFlip Profesional. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media diperoleh skor dengan rata-rata 0,86 dan ahli materi diperoleh skor dengan rata-rata 0,802 dikategorikan valid. Selanjutnya, untuk tanggapan guru diperoleh skor persentase 83,33% (sangat baik) sehingga bahan ajar e-book interaktif yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Hasil respon siswa kelas VII diperoleh persentase 85,18% (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi media maupun materi dan hasil penelitian, secara keseluruhan disimpulkan bahwa bahan ajar e-book ini sangat baik digunakan sebagai bahan ajar atau media yang dapat digunakan secara interaktif dalam pembelajaran matematika
Downloads
References
Azwar, S. 2013. Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Branch, R. M. (n.d.). Instructional Design: The ADDIE Approach. (https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6).
Fitriyani. (2017). Pembelajaran Menggunakan Media 3D Pageflip Profesional dan Media Camtasia studio 8 Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektolit Di Kelas X SMA Islam Al-Arief Muara Jambi.
Hasbiyanti, H., & Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-book Berekstensi EPUB untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mate Pelajaran IPA. Jurnal Pena Sains, 4(1), 0–5. (https://core.ac.uk/download/pdf/304219348.pdf). diakses 28 September 2020.
Ibrohim, S. (2019). Pengembangan Elektronik Modul Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Profesional pada Tema Ekosistem untuk Kelas V SD/MI. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Mindayula, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-book Berbasis Metekognisi Menggunakan 3D Pageflip Pada Materi Reaksi Redoks Di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi.
Nurdin, A. (2015). Pengembangan E-book Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran dan Perubahan Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Waled. Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati.
Plomp, Tjeerd dan Neinke Nieveen. 2013. Educational Design Research, Part A: An Introduction. Enchede: SLO.
Prasetyo, Jeni Dwi, & Heri Retnawati. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Siswa SMP Kelas VII. 6(3), 13–23.
Purwanto, N. 2004. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rosida, Fadiawati, N., & Jalmo, T. 2017. Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-book Interaktif Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. 35–45.
Sadjati, I. M. 2019. Hakikat Bahan Ajar. 1–62. (http://repository.ut.ac.id/4157/1/IDIK4009-M1.pdf). diakses 28 September 2020.
Sugiman, Sumardyono, & Marfuah. (2016). Karakteristik Siswa SMP dan Bilangan. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Walpole, Ronald E. 1992. Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Zanthy, L.S., & Yunia, N. (2020). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 105-116. (https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3206). diakses 19 November 2020
Copyright (c) 2021 Maila Sari, Sri Rizki Murti, Mhmd Habibi, Laswadi Laswadi, Nur Rusliah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.