Perangkat Pembelajaran Materi Segiempat dan Segitiga Berbasis Model PBL untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik SMP/MTs

  • Juniati Juniati Universitas Riau
  • Kartini Kartini Universitas Riau
  • Maimunah Maimunah Universitas Riau
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Koneksi Matematis (KKM)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP dan LKPD berbasis model Problem Based Learning (PBL) yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis peserta didik. Bentuk penelitian ini adalah pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP kelas VII tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil analisis data validitas, rata-rata penilaian oleh ketiga validator terhadap silabus yang dikembangkan adalah 82,5% dengan kriteria valid; rata-rata penilaian untuk RPP yang dikembangkan adalah 84,5% dengan kriteria valid; dan skor rata-rata penilaian untuk LKPD yang dikembangkan adalah 83,25% dengan kriteria valid. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak diujicobakan. Berdasarkan hasil analisis data praktikalitas untuk aspek keterbacaan mencapai 91,01% dengan kategori sangat praktis. Artinya LKPD sudah dapat dipahami oleh peserta didik dari segi masalah yang diberikan, kalimat perintah dalam melakukan kegiatan dan soal latihan. Respon peserta didik untuk aspek struktur isi diperoleh 89,76% dengan kategori sangat praktis. Artinya LKPD sudah dapat dikerjakan oleh peserta didik dengan baik. Dengan demikian LKPD yang disusun peneliti materi yang disampaikan mudah dimengerti peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Arends, R. I. (2008). Learning to teach (belajar untuk mengajar). (terjemahan Helly Prajitnodan Sri mulyantini. Hill Companies.

Atika, N., Roza, Y., & Murni, A. (2020). Development of Learning Tools by Application of Problem Based Learning Models to Improve Mathematical Communication Capablities of Sequence and Series Materials. Journal of Educational Sciences, 4(1), 146–152.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Depdiknas.

Herawati, L. (2017). Peningkatan kemampuan koneksi matematik peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan Software Geogebra. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 39–44.

Kennedy, L. M., & Johnson, A. (2007). Guiding Children ’ s Learning of Mathematics, Eleventh Edition.

Linto, R. L., Elniati, S., & Rizal, Y. (2012). Kemampuan Koneksi Matematis dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Peta Pikiran. 1(1), 83–87.

Martinis Yamin & Bansu Ansari. (2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. 183.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA. Title.

Nurhayati, F., Widodo, J., & Soesilowati, E. (2015). Pengembangan Lks Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pokok Bahasan Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Jasa. The Journal of Economic Education, 4(1), 14–19.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research.

Putri, A., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Development of Learning Tools with the Discovery Learning Model to Improve the Critical Thinking Ability of Mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83–92.

Rianti, R., Saragih, S., & Zulkarnain. (2020). Development of Mathematics Learning Tools in the Context of Riau Malay Culture to Improve Students Mathematical Problem Solving Ability. Journal of Educational Sciences, 4(1), 73–82.

Trianto. (2009). Mendesain Metode Pembelajaran Inovatif-Progresif (konsep, Landasan, dan Implementasi KTSP). Kencana Prenada Media Group.
Published
2021-05-31
How to Cite
Juniati, J., Kartini, K., & Maimunah, M. (2021). Perangkat Pembelajaran Materi Segiempat dan Segitiga Berbasis Model PBL untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik SMP/MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1375-1389. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.545
Share |

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>