Pengembangan Board Game “Labyrinth in the Forest” Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Materi Bilangan
Abstract
Media pembelajaran yang menarik dapat membuat suasana dalam pembelajaran menjadi tidak membosankan, dan dapat meningkatkan hasil belajar. Pengembangan media pembelajaran yaitu board game “Labyrinth In the Forest” untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) materi bilangan diperlukan dan inilah menjadi tujuan penelitian ini. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini menggunakan tujuh siswa kelas 7 SMP di Kota Salatiga. Media board game dinyatakan valid dan praktis dengan hasil persentase keduanya yaitu 90% dan 85% dengan kategori sangat baik. Hasil signifikasi uji paired t-test adalah 0,000 (kurang dari 0,005) didukung dengan nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan pretest. Hasil respons siswa menyatakan 96,5% memilih dalam kategori sangat baik atau sangat praktis untuk digunakan. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa media board game “Labyrinth in the Forest” yang telah dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk proses pembelajaran khususnya siswa SMP pada materi bilangan.
Downloads
References
Andini, M., & Yunianta, T. N. H. (2018). The Development of Borad game “The Adventure Of Algebra” in The Senior High School Mathematics Learning. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 95–109. https://doi.org/10.24042/ajpm.v9i2.3424
Erlitasari, N. D., & Dewi, U. (2016). Nova Dwi Erlitasari. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(1), 1–12.
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893
Latief, M. (2017). Pengembangan Permainan Ular Jarra Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pokok Asam-Basa. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), 101–107.
Limantara, D., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2015). Perancangan Board game Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Moral Pada Remaja. 1–9. publication.petra.ac.id
Listiani, D., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan media pembelajaran dart board math bagi siswa kelas VII SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 21–33. https://doi.org/10.33654/math.v4i1.80
Media, P., Permainan, P., Tangga, U., Dan, S., Untuk, J., Hasil, M., Matematika, B., Iv, K.,
Mi, D. I., Tholibin, J., Tarbiyah, F., Islam, U., Maulana, N., & Malang, I. (2013). Oleh : Lely Gusliana Novia NIM. 09140074.
Najib, A., & Yuniarti, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran the Development of Learning Media on Augmented Reality Board. Pendidikan Teknik Mekatronika, 8 No. 1(3), 9–19.
Ningrum, S. S., Pendidikan, T., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2011). Pengembangan Media Visual Papan Permainan Pada Materi Bentuk.
Prambudi, E. Y., & Yunianta, T. N. H. (2020). Pengembangan Media Bus Race Algebra Pada Materi Bentuk Aljabar Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.150
Prasetyo, M. F. (2018). Persamaan Garis Lurus Bagi Siswa Kelas Viii Smp Negeri. 5(1), 14–26.
Rahmawati, H., & Lestari, W. M. (2018). PENGGUNAAN MEDIA PAPAN MAGNET UNTUK DIDIK KELAS II SDN TANJEK WAGIR KECAMATAN KREMBUNG TAHUN 2018. 1(1).
Setiyorini, I., & Abdullah, M. H. (2013). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (2), 1–10.
Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik –Manik Dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. VICRATINA : Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 22–23. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/166
Triastuti, D., Akbar, S., & Irawan, E. B. (2017). Pengembangan Media Papan Permainan Panjat Pinang. Jurnal Pendidikan, 2(10), 1344–1350.
Wardani, andi irawan dan melda ayu. (n.d.). ( Improving the Result of Learning Mathematics By Using the. 342–348.
Wijaya, B., Wicandra, O. B., & Asthararianty. (2017). Perancangan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Manfaat Sayuran Untuk Kesehatan Bagi Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1(1), 1–8.
Wijaya, N. M., Bedjo Tanudjaja, B., & Salamoon, D. K. (2013). Perancangan Board Game Pembelajaran Sopan Santun Untuk Anak Usia 6-10 Tahun. Perancangan Board Game Pembelajaran Sopan Santun Untuk Anak Usia 6-10 Tahun, 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/87287-ID-none.pdf
Copyright (c) 2021 Galih Kuat Prihandoko, Tri Nova Hasti Yunianta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.