KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK BANGKINANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA 2015

  • Zulfah Zulfah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Wida Rianti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Keywords: Kemampuan representasi matematis, PISA 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik Bangkinang dalam menyelesaikan soal PISA 2015. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes berupa soal PISA 2015, pedoman wawancara yang sifatnya terbuka, dan nilai peserta didik. Teknik analisis data yang dilaksanakan yaitu mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan dari data yang dimiliki. Berdasarkan analisis data dari soal PISA 2015 yang dikategorikan soal representasi matematis yaitu soal nomor 10, 11, 14, 16, 25, 31, 38, dan 39 diperoleh beberapa informasi. Kemampuan representasi visual dari penyajian tabel, peserta didik sudah mampu menyajikan kembali data atau informasi dari suatu tabel menjadi bentuk lain seperti pola barisan. Pada representasi ini terdapat bermacam bentuk atau pola yang diberikan sehingga menunjukkan kemampuan representasi visual yang baik.  Kemampuan representasi visual gambar dimana peserta didik membuat gambar bagian-bagian geometri untuk menyelesaikan permasalahan dan memfasilitasi penyelesaian masalah. Kemampuan representasi simbolik atau persamaan atau ekspresi matematika yang dimiliki peserta didik sudah dimiliki hampir sebagian peserta didik. Berdasarkan analisis lembar jawaban pada soal yang dikategorikan representasi verbal diperoleh kemampuan verbal (kata-kata atau teks tertulis) yang dimiliki sebagai besar peserta didik sudah baik. Peserta didik tersebut sudah mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian dengan baik dan teratur. Berdasarkan analisis lembar jawaban peserta didik, diketahui pada soal yang juga dikategorikan soal pemecahan masalah peserta didik mengalami kesulitan dalam membuat situasi masalah berdasarkan data atau representasi yang diberikan serta membuat persamaan atau model matematis dari representasi yang diberikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

H, Hendriana., E,E Rohaeti., U Sumarmo.(2017) Hard Skills dan Soft Skill Matematik Peserta Didik, 60.
NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston VA : NCTM.
Neria, D dan Amit, M. (2004). Students Preferene of Non Algebraic Representations in Mathematical Communication. Proceedings of the 28th Conference of the International Group for The Psychology of Mathematical Education, 2004, Volume 3, Hlm. 409 – 426.
Syafri, Fatrima Santri. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, Volume 3 Nomor 1, Januari 2017, Hlm. 49 – 55.
Sabirin, Muhammad. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari. Volume 01 Nomor 02Januari – Juni 2014.
S Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, 207, 2010.
Wiryanto. (2015). Abstraksi Siswa Sekolah Dasar dalam Representasi Konsep Pecahan Melalui Tahap Perkembangan Kognitif Bruner Berdasarkan Perbedaan Gender. Disertasi. Universitas Negeri Surabaya.
Published
2018-09-17
How to Cite
Zulfah, Z., & Rianti, W. (2018). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK BANGKINANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA 2015. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 118-127. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.56
Share |

Most read articles by the same author(s)