Pengembangan Media Pembelajaran "KELAS BANGTAR" untuk Meningkatkan Hasil BelajarMatematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Melinda Safitri Universitas Kristen Satya Wacana
  • Henny Dewi Koeswanti Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Keywords: Media Pembelajaran, Adobe Flash, Pengembangan ADDIE, Hasil Belajar

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu perangkat pembelajaran yang digunakan oleh seseorang untuk mempermudah dalam penyampaian materi ketika proses belajar mengajar. Media pembelajaran yang dibutuhkan pada era ini yaitu media pembelajaran berbasis digital. Media pembelajaran yang digunakan di SD N Kupang 1 masih konvensional, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat validasi dari ahli materi dan ahli media. Jenis penelitian dan pengembangan media pembelajaran menggunakan metode Research and Development atau (R&D). Penelitian ini dilaksanakan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun pada penelitian ini tidak semua tahap dapat dilaksanakan dikarenakan adanya pandemi covid-19yang mengharuskan siswa belajar secara daring / online. Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan prosuk kemudian dilakukan uji validitas. Hasil validitas yang diperoleh dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 67% dengan kriteria tinggi, sedangkan hasil validitas yang diperoleh dari ahli media memperoleh presentase sebesar 93% dengan kriteria tinggi. Berdasarkan presentase yang diperoleh Media Pembelajaran “KELAS BANGTAR” berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika kelas IV Sekolah Dasar dapat dikatakan layak unruk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief Sadiman. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

E Efendi and H. Zhuang. (2005). E-learning Konsep dan Aplikasi. Semarang: Andi offset.

Gay, L. R. (1991). Educational Evaluation and Measurement: Com-petencies for Analysis and Application. In Second edition. New York: Macmillan Publishing Compan.
Kemendikbud. (2003). Undang Undang No 20 Tahun 2003. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004

Lovieanta Arriza. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Lingkaran Untuk Kelas VIII SMP Swasta Islam Annur Prima.

Oemar Hamalik. (2004). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Richey, C.R. dan Klein, D.J., A., & Tracey, W. M. (2007). The Instructional Design Knowledge Base: Theory, Reasearch, and Practice. New York: Routledge.

Rieke Alyusfitri, Ambiyar, Ishak Aziz, D. A. (2020). Pengembanganmediapembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Dengan Pedekatan Contextual Teaching and Learning Pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sd. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1281–1296. Retrieved from https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/371

Sa’dun Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari, S. G., Ambiyar, A., Aziz, I., & Leffega, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Pada Materi Penjumlahan Pada Kelas I SDN 52 Parupuk Tabing (Studi Berdasarkan Asesmen). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan …, 04(02), 1207–1216. Retrieved from https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/359

Sukmadinata. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2021-04-15
How to Cite
Safitri, M., & Koeswanti, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran "KELAS BANGTAR" untuk Meningkatkan Hasil BelajarMatematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 989-1002. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.580
Share |