Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smartphone Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

  • Yuyun Suria Priangga MAN 1 Kota Pekalongan
Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, ADDIE, Smartphone, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi smartphone guna memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode pengembangan menggunakan ADDIE (analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi). Implementasi media pembelajaran menggunakan pendekatan model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi smartphone. Analisis awal pengembangan media pembelajaran menggunakan analisis kebutuhan dan ketersediaan media pembelajaran. Pengolahan data menggunakan pendekatan data kuantitatif yang didapat dari uji kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan uji kelayakan media pembelajaran. Penilaian kemampuan berpikir kreatif berdasarkan aspek kelancaran, keluwesan, elaborasi dan keaslian pemecahan masalah siswa. Uji kelayakan media pembelajaran didapat dari validasi media pembelajaran dan validasi materi pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAN 1 Kota Pekalongan materi trigonometri. Hasil evaluasi dengan cara membandingkan dua sampel kelas, kelas ekperimen dengan menerapkan PBL berbantuan aplikasi smartphone dan kelas kontrol menerapkan PBL dengan pendekatan diskusi grup normal. Penelitian menghasilkan (1) pengembangan media pembelajaran, (2) hasil rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, J., Rohaeti, E. E. and Afrilianto, M. (2018) ‘Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Ruang’, JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), p. 779. doi: 10.22460/jpmi.v1i4.p779-784.

Fitrina, T., Ikhsan, M. and Munzir, S. (2016) ‘Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Debat’, Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), pp. 87–95. doi: 10.24815/jdm.v3i1.4753.

Ismanto, E., Novalia, M. and Herlandy, P. B. (2017) ‘Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Sma Negeri 2 Kota Pekanbaru’, Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(1), pp. 42–47. doi: 10.37859/jpumri.v1i1.33.

Nada A. (2015) ‘ADDIE Model Nada’, American International Journal of Contemporary Research ADDIE, 5(6), pp. 68–72.

Nasution, N. R. and Surya, E. (2017) ‘Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa’, 1(1), pp. 98–102. Available at: http://semnastafis.unimed.ac.id.

Ngussa, B. M. (2014) ‘Application of ADDIE Model of Instruction in Teaching-Learning Transaction among Teachers of Mara Conference Adventist Secondary Schools , Tanzania’, Journal of Education and Practice, 5(25), pp. 1–11.

Nugraha, A. I. (2017) ‘Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan smartphone dalam aktivitas belajar mahasiswa teknologi pendidikan universitas negeri yogyakarta’, E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 7(3), pp. 267–282.

Nur, A. (2018) ‘Mobile technology in a mathematics trail program: how does it works?’, Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), pp. 24–30. doi: 10.15294/ujme.v7i1.21955.

Putra, R. D. et al. (2016) ‘Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015 / 2016 The Increasing of Students Creative Thinking Ability Through of Inquiry Learni’, Proceeding Biology Education Conference, 13(1), pp. 330–334.

Siagian, M. V., Saragih, S. and Sinaga, B. (2019) ‘Development of Learning Materials Oriented on Problem-Based Learning Model to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability’, International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), pp. 331–340. doi: 10.29333/iejme/5717.

Sudianto, Dwijanto and Dewi, N. R. (2019) ‘Students’ Creative Thinking Abilities and Self Regulated Learning on Project-Based Learning with LMS Moodle’, Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1), pp. 10–17. Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/27183.

Sulistiyoningsih, T. and Artikel, I. (2015) ‘Pbl Bernuansa Adiwiyata Dengan Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Karakter Peduli Lingkungan’, Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2), pp. 84–92.

Suripah, S. and Sthephani, A. (2017) ‘Kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dalam menyelesaikan akar pangkat persamaan kompleks berdasarkan tingkat kemampuan akademik’, Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), pp. 149–160. doi: 10.21831/pg.v12i2.16509.

Surya, Y. F. (2017) ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar’, Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), pp. 38–53. Available at: https://bit.ly/2MXn3xs.

Wardono et al. (2016) ‘Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo’, Journal of Physics: Conference Series, 693(1). doi: 10.1088/1742-6596/693/1/012014.

Widyastuti, E. and Susiana (2019) ‘Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics’, Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). doi: 10.1088/1742-6596/1188/1/012052.
Published
2021-04-26
How to Cite
Priangga, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smartphone Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1116-1126. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.599
Share |