Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD

  • Candra Dwi Habibi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Eunice Widyanti Setyaningtyas Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Keywords: Pop-Up Book, Pemecahan Masalah, Pembelajaran Bangun Ruang

Abstract

Observasi pembelajaran matematika menunjukkan sumber belajar siswa hanya dari buku tema dan LKS dan pembelajaran kurang efektif, sehingga diperlukan media pembelajaran tambahan untuk siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui kebutuhan siswa dari kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran geometri, merancang proses pengembangan media pop-up book dan mengevaluasi pengembangan media pop-up book dari uji ahli. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D). Desain penelitian adalah model 4-D dengan empat tahapan (Define, Design, Develop dan Dessiminate). Hasil efektivitas dengan penilaian respon siswa diperoleh skor total 108 dengan persentase keunggulan 83% dan respon guru sebesar 80%. Hasil disseminasi produk diperoleh peningkatan pemahaman masalah siswa menjadi 81%. Dengan demikian media dapat dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Melalui praktik menyusun kubus pada pop up, siswa mampu menentukan volume dan balok dengan menggunakan kubus satuan dengan benar. Melalui mengamati geometri pada buku pop up, siswa mampu mendesain gambar kubus dan balok sesuai dengan volume yang sudah ditentukan dengan benar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dzuanda, B. (2009). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-tokoh Wayang Berseri, Seri “Gatotkaca.” In Institut Teknologi Sepuluh November.

Firdaus, W. Y. (2019). Peningkatan hasil belajar pembelajaran Matematika pada materi Volume Kubus dan Balok dengan media menggunakan media Pop Up Book di Kelas V MI Tasbiyatul Aulad Jombang. Surabaya: Institut Islam Negeri Sunan Ampel.

Fitri, N. A., & Karlimah. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 226–239.

Khoirotun, A., Fianto, A. Y. A., & Riqqoh, A. K. (2014). Perancangan buku pop-up museum Sangiran sebagai media pembelajaran tentang peninggalan sejarah. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(1), 134–141.

Oktaviyani, H. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah pada Siswa SD Menggunakan Media Pop Up Book. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 203–210.

Piaget, J., & Jannah, M. (2010). Psikologi anak (E. Adinugraha (ed.)). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, Q. K., Pratjojo, P., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 169. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17905

Safri, M., Sari, S. A., & Marlina. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 05(01), 107–113.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wardani, I. G. A. K. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. In: Hakikat Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.
Published
2021-05-25
How to Cite
Habibi, C., & Setyaningtyas, E. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1341-1351. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.620
Share |