Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Android Matematika dengan Pendekatan STEM pada Materi Trigonometri

  • Almas Zati Hulwani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Isna Rafianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Media Pembelajaran, Interaktif, Android, STEM, Trigonometri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dan informasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pembelajaran di sekolah cendrung pasif dikarenakan guru menggunakan metode ceramah saat mengajar sehingga siswa tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran, kurikulum 2013 menuntut adanya perubahan dari teacher centered menuju student centered. Untuk menciptakan situasi pembelajaran yang aktif dan interaktif peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi android dengan pendekatan STEM pada materi trigonometri. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaan interaktif android matematika dengan pendekatan STEM pada materi trigonometri yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau development design research tipe formative research. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu preliminary study dan formative study, dengan alur desain formative evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di salah satu SMA Negeri Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif android matematika dengan pendekatan STEM pada materi trigonometri layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan uji validitas, kepraktisan dan efek potensial. Uji validitas didapatkan pada tahap expert review, uji kepraktisan didapatkan pada tahap one-to-one dan small group, dan efek potensial tehadap respon siswa didapatkan pada tahap field test

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1). https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.62

Billstein, R., & Williamson, J. (2007). Middle School MATH THEMATICS The STEM Project (Edition 3). Evanston: McDougal Littell.

Bybee, R. (2010). Advancing STEM Education: A 2020 Vision. Technology and Engineering Teacher.

Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, 4(1), 1–4.

Herawati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika Pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya Dan Bentuk Akar Kelas IX SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 66. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.254

Juraman, S. R. (2014). Pemanfaatan Smartphone Android Oleh Mahasiswa llmu Komunikasi Dalam Mengakses Informasi Edukatif. Journal Volume III. No.1. Tahun 2014, III(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/viewFile/4493/4022

Kemendikbud. (2017). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Laboy-Rush, D. (2010). Integrated STEM Education through Project-Based Learning. New York: Learning.com.

Lu ’mu. (2017). Learning Media Of Applications Design Based Android Mobile Smartphone. International Journal of Applied Engineering Research ISSN, 12(17). Retrieved from http://www.ripublication.com

Maiyana, E. (2018). Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa. Jurnal Sains Dan Informatika, 4(1), 54–65. https://doi.org/10.22216/jsi.v4i1.3409

May, V., & Courtney, S. (2016). Developing Meaning in Trigonometry. Illinois Mathematics Teacher, 63(1), 25–33.

Murti, K. E. (2013). Pendidikan Abad 21 Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Untuk Paket Keahlian Desain Interior. Artikel Kurikulum 2013 SMK, 1–23.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusgianto. (2007). TRIGONOMETRI Membangun Kekuatan Konstruksi Kognitif. Yogyakarta: Grafika Indah.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tessemer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page.

Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zakiy, M. A. Z., Muhammad, S., & Farida. (2018). Pengembangan Media Android dalam Pembelajaran Matematika. TRIPLE S:Jourals of Mathematics Education, 1(2), 87–96.

Zulkardi. (2006). Formative Evaluation : What, Why, When and How. Retrieved from https://www.oocities.org/zulkardi/books.html
Published
2021-08-03
How to Cite
Hulwani, A., Pujiastuti, H., & Rafianti, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Android Matematika dengan Pendekatan STEM pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2255-2269. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.717
Share |