Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Learning Cycle 7e Siswa Kelas X SMA Tahap Preliminary Research

  • Sri Ulfa Insani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Djamilah Bondan Widjajanti Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: learning cycle 7e model, instructional package

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran trigonometri dengan model learning cycle 7e berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa kelas X SMA. Pembelajaran dengan model learning cycle 7e terdiri dari tujuh tahapan yaitu elicit, engage, explore, explain, elaborate, evaluate, dan extend. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari RPP dan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, penilaian guru, penilaian siswa, observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal kemampuan pemecahan masalah, dan angket rasa ingin tahu. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika persentase siswa yang memenuhi ketuntasan secara klasikal tes kemampuan pemecahan masalah minimal mencapai 75%, dan jika persentase hasil angket rasa ingin tahu siswa memenuhi kategori tinggi minimal 75%. Tahap awal pada penelitian adalah dengan melakukan tahap analisis dengan langkah melakukan analisis kebutuhan, analisis materi, dan analisis karakter siswa. Dalam tahap ini, dirancang RPP dan LKS dengan model learning cycle 7e pada semester genap. Untuk menentukan kriteria kevalidan digunakan lembar validasi berdasarkan penilaian para ahli. Kemudian untuk kriteria kepraktisan digunakan lembar penilaian guru, siswa, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Selanjutnya untuk menentukan kriteria keefektifan dilihat dari hasil nilai siswa dengan memberikan soal kemampuan pemecahan masalah dan angket rasa ingin tahu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Branch, R.M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Athens, GA: Springer Science & Business Media.
Einsenkraft, A. (2003). Expanding the 5E model. Science Teacher-Washington, 70 (6), 56-59.
Hidayat, A & Irawan, I. 2017. Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (2), 51-63.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Krulik, S. & Rudnick, J.A. (1995). The new sourcebook for teaching reasoning and problem solving in elementary school. A longwood professional book. Needham, Massachustts: Allyn & Bacon.
McArdle, G.E. (2010). Instructional design for action learning. Broadway, New York: AMACOM Div American Mgmt Assn.
Nitko, A.J., & Brookhart, S.M. (2011). Educational assessment of students (6th ed). Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education.
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijaya, A. (2009). Learning cycle model. Workshop on developing learning model based on realistic mathematics education approach, Regional Center of Qitep in Mathematics.
Woolfolk, A. (2009). Educational psychology active learning edition. Edisi kesepuluh bagian kedua. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). Boston, Massachusetts: Pearson education.
Zulfah. 2017. Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VIII SMP. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (2), 1-12.
Published
2019-04-27
How to Cite
Insani, S., & Widjajanti, D. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Learning Cycle 7e Siswa Kelas X SMA Tahap Preliminary Research. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-72. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.80
Share |