Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial

  • Elfrida Ardhiyanti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Sutriyono Sutriyono Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Fika Widya Pratama Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: KEMAMPUAN PENALARAN, MASALAH MATEMATIKA, ARITMATIKA SOSIAL, KEMAMPUAN MATEMATIKA

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial. Kemampuan penalaran dapat diidentifikasi dengan menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial yang dibuat berdasarkan indikator penalaran dalam penelitian yaitu (1) mengajukan dugaan, (2) melakukan manipulasi, (3) menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan dan (4) menarik kesimpulan atas semua pernyataan. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 1 siswa berkemampuan matematika rendah kelas VIII di SMP Negeri 7 Salatiga tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi, metode tes dan wawancara dengan melalui 3 langkah analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini  menunjukkan siswa berkemampuan matematika tinggi dapat memenuhi indikator untuk mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi saja. Siswa berkemampuan matematika sedang dapat memenuhi keempat indikator. Sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah tidak dapat memenuhi keempat indikator. Penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan bagi guru tentang kemampuan penalaran matematika siswa SMP dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial dan bagi siswa untuk lebih dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, F & Lathifah N. A. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Menyelesaiakan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3. No 1. Hal 1-10.
Depdiknas. 2006. Permendinas No 22 Tahun 2006 Tentang Stansar Isi. Jakarta. Depdiknas.
Hendriana, H. dkk. 2017. Hard Skills dan Soft Skills matematika siswa. Bandung. PT Refika Aditama.
Meicahyati. 2018. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP Menggunakan Pendekatan Problem Possing Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2. No 2. Hal 1-10.
Melin, K. 2015. Profil Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas X SMA Negeri 2 Palu. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Tadulako. Vol 4. No 2. Hal 178-188.
Pawesti, B. A. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Nanggulan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta. Hal 144.
Prasetyo, J, D. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Pada Materi Aritmetika Sosial Untuk Siswa Smp Kelas VII. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Hal 4
Suciati D. 2015. Profil Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Memecahkan Masalah Aritmetika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, Vol 3, No 1, Hal 46
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suriasumantri, J. 2010. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta. PT Penebaran Swadaya.
Wardhani. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Yenni, & Aji, R. S. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together. Jurnal Prima. Vol 5 N o 2, Hal 78–80.
Published
2019-05-04
How to Cite
Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90-103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82
Share |