Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII SMP/MTs

  • Parsaoran Selpanri Sitorus Universitas Riau
  • Nahor Murani Hutapea Universitas Riau
  • Rini Dian Anggraini Universitas Riau
Keywords: Perangkat Pembelajaran, Model Discovery Learning, Pembelajaran Matematika Realistik, Garis Singgung Lingkaran

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan menghasilkan suatu perangkat pembelajaran yang sejalan dengan kurikulum 2013. Perangkat pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Model pegembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data menggunakan teknik validasi dan angket respon siswa. Perangkat yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh tiga orang validator. Setelah hasil validasi dianalisis diperoleh rata-rata penilaian: (1) Silabus sebesar 3.70 dengan kategori sangat valid; (2) RPP sebesar 3.84 dengan kategori sangat valid; (3) dan LAS sebesar 3.85 dengan kategori sangat valid. Selanjunya LAS diujicobakan pada enam siswa kelas IX SMP Negeri 42 Pekanbaru dengan hasil ujicoba adalah 84.70 dengan kategori sangat praktis. Dari hasil analisis diperoleh bahwa pengembangan perangkat pembelajaran model Discovery Learning berbasis Pembelajaran Matematika Realistik pada materi Garis Singgung Lingkaran kelas VIII SMP/MTs memenuhi syarat valid dan praktis untuk digunakan di SMP/MTs.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (1st ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Ariawan, R., & Putri, K. J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning disertai Pendekatan Visual Thinking pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3).

Efrida, E., Halaman, M., & Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta, 2.

Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, dan Implementasinya (1st ed.). PT. Rajawali Pers.

Indira, T., Zulkardi, Z., & Sanova, Y. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran melalui Pembelajaran Discovery Learning. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.343

Khomsiatun, S., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7153

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan (1st ed.).

Nazarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum (1st ed.). Teras.

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran (1st ed.). Dian Rakyat.

Sinambela, P. N. J. M. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6(2).

Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Sunarto & Agung Hartono. (2013). Perkembangan Peserta Didik (5th ed.). Rineka Cipta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Prenada Media Grup.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suaitu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (1st ed.). Graha Ilmu.

Yuliana, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 60–67.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2). https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563.
Published
2021-09-29
How to Cite
Sitorus, P., Hutapea, N., & Anggraini, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3069-3081. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.921
Share |

Most read articles by the same author(s)